Diversifikasi Bisnis, Pelni Kembangkan Wisata Bahari dan City Tour



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pelayanan Nasional (Persero) alias Pelni mengatakan tahun ini pihaknya mengembangkan berbagai bisnis wisata sebagai bentuk diversifikasi angkutan penumpang.

Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut Pelni Yossianis Marciano menuturkan, selain mengembangkan layanan Pelni, pihaknya juga membuka bisnis bertema wisata.

Program yang ditawarkan oleh Pelni antara lain adalah Wisata Bahari dan City Tour, serta layanan MICE (meeting, incentive, convention, and exhebition) di atas kapal. 


Baca Juga: Pelni Terapkan Penyesuaian Tarif Tiket Rata-rata 23%

"Kami kembangkan wisata bahari dan city tour bagi kapal-kapal yang transit minimal 4 jam. Kami ajak penumpang wisata kuliner atau membeli oleh-oleh atau pergi ke spot-spot wisata yang menarik," tutur Yossianis kepada media saat paparan kinerja PT Pelni di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (2/8). 

Ia mengatakan layanan tersebut sudah dilakukan di beberapa daerah. Selain itu, diversifikasi bisnis yang coba dikembangkan oleh Pelni adalah memberikan layanan MICE di atas kapal.

Layanan MICE di atas kapal ini meliputi meeting on board, study on board, tour on board, concert hingga wedding. Yossianis menuturkan layanan meeting alias rapat di atas kapal sudah sering dilakukan. Sementara itu, layanan study on board menyasar para taruna taruni di bidang pelayaran dan transportasi.

Baca Juga: Pandemi Usai, Pelni Bukukan Pendapatan Rp 2,65 Triliun Sepanjang Semester I-2023

"Terakhir ada dari Trisakti yang lakukan study on board bersama kami," tuturnya.

Selain hal di atas, Pelni menuturkan juga fokus mengembangkan sistem komersial terintegrasi melalui PELNI mobile, penambahan channel untuk berbayar, hingga perluasan channel penjualan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .