DJP: Penerimaan pajak hingga November capai 80% dari target



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Robert Pakpahan mengatakan, hingga akhir November 2018, penerimaan pajak mencapai 80% dari target yang ditetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018 yakni sebesar Rp 1.424 triliun.

Sayangnya, Robert tak menyebut secara rinci berapa nominal penerimaan pajak tersebut. Namun berdasarkan perhitungan Kontan.co.id, penerimaan pajak hingga akhir November sekitar Rp 1.139 triliun atau tumbuh sekitar 15% dibandingkan penerimaan pajak tahun lalu.

"Kita tahu Desember menjadi tantangan yang cukup berat. Kalau Desember tahun lalu, kita bisa merealisakan lebih dari 14% dari porsi keseluruhan penerimaan," ujar Robert, Kamis (6/12).

Melihat hasil ini, sejak minggu lalu dan minggu ini Robert mengaku akan menghitung kembali secara tepat berapa besar penerimaan pajak yang bisa direalisasikan sepanjang 2018.

Namun, sampai sekarang dirinya masih menyebut penerimaan pajak bisa mencapai 95% dari target APBN. Ini bila melihat pencapaian Desember tahun lalu, dimana penerimaannya bisa mencapai lebih dari 14% dari total penerimaan pajak. Karena itu, dia mengatakan DJP akan berupaya keras mengejar penerimaan pajak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia