Dolar Australia masih berpotensi ke arah paritas



JAKARTA. Dollar Australia (AUD) kembali diperdagangkan dibawah level 1. Dipasar spot, hingga perdagangan pukul 11:36 hari ini (11/1) dolar AS diperdagangkan di level 0,9843 per AUD.

Penjualan ritel Australia naik tipis dibulan November sesuai dengan perkiraan menyusul naiknya biaya pinjaman. Kondisi cuaca yang lebih dingin membuat konsumen enggan berbelanja. Hal inilah yang membuat bank sentral Aussie tak menaikan suku bunga acuan selama semester pertama 2011.

Perdana Menteri Australia Julia Gillard optimistis bahwa banjir yang menyapu wilayah timur laut negara itu dan melumpuhkan pertambangan batubara tidak mengecilkan harapan tercapainya surplus anggaran pada tahun 2012-2013.


Meningkatnya harga komoditi telah membuat beberapa saham bluechip negeri kanguru ini menjadi incaran investor. Rekor merger dan akuisisi tahun 2010 mampu menarik minat beli dan tren tersebut diperkirakan akan berlanjut pada tahun ini.

Analis Valbury Asia Futures, Erwin Purnomo memperkirakan hari ini dolar Aussie berpotensi bergerak ke arah 1,0000. "Waspadai areal support kami di 0,828-0,9836 untuk membuka kemungkinan peluang rebound," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: