Dolar Menuju Penguatan Mingguan di Tengah Harapan Pemangkasan Suku Bunga AS



KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Dolar bersiap untuk menghentikan penurunan dua minggu berturut-turut pada hari Jumat. Para pelaku pasar merenungkan prospek suku bunga Amerika Serikat (AS). Sementara yen stabil setelah inflasi di Jepang meningkat selama dua bulan berturut-turut, menjaga prospek kenaikan suku bunga Jepang.

Dolar AS menguat di jam-jam perdagangan Asia setelah minggu yang penuh badai yang membuat yen, euro dan sterling memperoleh keuntungan signifikan terhadap greenback. Investor sepenuhnya memperkirakan penurunan suku bunga dari Federal Reserve segera pada bulan September.

Yen berada di 157,35 per dolar AS setelah menyentuh level tertinggi enam minggu di 155,375 pada hari Kamis. Dugaan intervensi oleh pemerintah Jepang minggu lalu berjumlah hampir 6 triliun yen ($38,14 miliar), menurut data dari Bank of Japan.


Data pada hari Jumat menunjukkan harga konsumen inti di Jepang naik 2,6% pada bulan Juni, menjaga ekspektasi pasar bahwa bank sentral akan segera menaikkan suku bunga.

Baca Juga: Turis di Jepang Rekor Saat Yen Melemah dan Travel ke Negeri Sakura Jadi Lebih Murah

BOJ menghentikan suku bunga negatif dan pengendalian imbal hasil obligasi pada bulan Maret, sebagai peralihan dari program stimulus radikal yang telah berlangsung selama satu dekade. Pasar mulai menyambut gagasan kenaikan suku bunga pada pertemuannya di akhir bulan. Para pelaku pasar memperkirakan peluang 41% untuk kenaikan 10 basis poin.

Yen telah jatuh lebih dari 10% terhadap dolar tahun ini, terbebani oleh perbedaan besar dalam suku bunga antara AS dan Jepang. Yen bahkan sempat menyentuh level paling lemah dalam 38 tahun pada awal bulan, sehingga memicu dugaan intervensi.

“Meskipun dugaan intervensi tampaknya tidak dapat menstabilkan yen, kami yakin kebijakan moneter dapat menstabilkan yen,” kata Krishna Bhimavarapu, ekonom APAC di State Street Global Advisors kepada Reuters.

"Waktunya telah tiba untuk tindakan tegas dari BoJ, dan inflasi yang lebih tinggi saat ini membuat hal tersebut semakin masuk akal," ujar dia.

Baca Juga: Kurs Rupiah Melemah ke Atas Rp 16.200 Per Dolar AS Pada Jumat (19/7) Pagi

Di AS, data menunjukkan jumlah orang Amerika yang mengajukan permohonan baru untuk tunjangan pengangguran meningkat lebih dari perkiraan pada minggu lalu, meskipun tidak ada perubahan signifikan di pasar tenaga kerja.

Indeks dolar, yang mengukur mata uang AS terhadap enam mata uang rivalnya, naik 0,1% menjadi 104,24, naik dari level terendah empat bulan di 103,64 yang dicapai pada hari Rabu. Indeks ditetapkan untuk kenaikan 0,17% untuk minggu ini setelah dua minggu mengalami penurunan.

The Fed dijadwalkan bertemu pada akhir bulan Juli, ketika pasar mengantisipasi kemungkinan yang sangat kecil bagi bank sentral untuk menurunkan suku bunga. Pasar memperkirakan penurunan suku bunga sebesar 62 basis poin tahun ini.

“Saya pikir ada banyak tantangan dan tarik-menarik yang dihadapi pasar saat ini,” Michael Wan, analis mata uang senior di MUFG. Pernyataan Wan mengacu pada meningkatnya spekulasi bahwa The Fed akan memangkas suku bunga pada saat yang sama para investor bersiap menghadapi potensi kemenangan calon presiden dari Partai Republik Donald Trump.

Pasar telah bereaksi terhadap prospek kepresidenan Trump dengan mendorong dolar lebih tinggi dan memposisikan kurva imbal hasil Treasury yang lebih curam.

Baca Juga: Rezim Suku Bunga Tinggi, Sampai Kapan?

Sementara itu, euro sedikit berubah pada $1,08880 setelah turun 0,4% pada sesi sebelumnya karena Bank Sentral Eropa mempertahankan suku bunga tetap stabil. ECB tidak memberikan gambaran mengenai langkah selanjutnya.

Mata uang tunggal ini telah menyentuh level tertinggi dalam empat bulan di $1,0947 pada hari Rabu. Penguatan euro membalikkan penurunan dalam beberapa minggu terakhir ketika mata uang ini berada di bawah tekanan ketidakpastian mengenai pemilu Prancis.

Sterling terakhir datar di 1,2941 setelah penurunan 0,5% di sesi sebelumnya. Data menunjukkan, upah di Inggris tumbuh lebih lambat, tetapi masih cukup kuat untuk menjaga keraguan terhadap penurunan suku bunga Bank of England.

Nilai tukar dolar Australia melemah menjadi $0,6702, sedangkan dolar Selandia Baru turun 0,26% menjadi $0,60295.

Aussie dan Kiwi diperkirakan akan melemah lebih dari 1% minggu ini karena pertemuan tingkat tinggi di Tiongkok gagal menghasilkan langkah-langkah stimulus yang kuat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati