Dolar Perkasa, Berkah bagi Eksportir Mebel dan Kerajinan Tangan



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penguatan mata uang dolar Amerika Serikat (AS) menjadi kabar baik bagi pelaku ekspor industri mebel dan kerajinan di Indonesia. 

Maklum, semakin dolar AS menguat, maka harga produk mebel dan kerajinan pun semakin tinggi di pasar ekspor.

"Yang perlu diperhatikan adalah kestabilan nilai mata uang dolar AS terhadap nilai mata uang lain,” kata Ketua Presidium Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) Abdul Sobur saat dihubungi Kontan, Minggu (08/10).


Disisi lain, penguatan mata uang dolar AS ini akan menggoda bagi pelaku ekspor bahan baku mentah, karena naiknya permintaan.  “Hal ini tentu berimbas bagi ketersediaan bahan baku bagi industri hilir yaitu mebel dan kerajinan,” katanya. 

Baca Juga: Rupiah Terus Melemah Terhadap Dolar AS, Begini Dampaknya Bagi Eksportir

Untuk mencegah ini, HIMKI mendorong pemerintah agar mengontrol ekspor bahan baku mentah sehingga tidak mengganggu pasokan material bagi pelaku industri mebel dan kerajinan. 

“Kelangkaan bahan baku tentu akan mendorong kenaikan harga yang memberatkan bagi pelaku industri terutama bagi mereka di lingkup industri kecil dan menengah,” jelasnya. 

Sementara itu, penguatan dolar AS ke para produsen mebel dan kerajinan tangan yang pasarnya masih fokus pada pasar dalam negeri, dampaknya tidak akan terlalu signifikan. 

“Untuk pasar dalam negeri tidak ada dampak yang signifikan, kecuali apabila sudah terjadi kelangkaan bahan baku yang mau tidak mau akan turut mengerek harga. Mayoritas anggota HIMKI merupakan eksportir mebel dan kerajinan, namun bukan berarti tidak mempedulikan pasar dalam negeri,” kata Abdul. 

Baca Juga: Terpuruk, Rupiah Spot Ditutup Melemah ke Rp 15.692 Per Dolar AS Pada Hari Ini (9/10)

Selanjutnya: Simak Fitur Android 14 yang Perlu Diketahui Sebelum Instal di HP

Menarik Dibaca: Simak Fitur Android 14 yang Perlu Diketahui Sebelum Instal di HP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat