Dollar berotot, bursa AS jatuh di akhir pekan



NEW YORK. Bursa saham Amerika Serikat (AS) jatuh, Jumat (21/10) dengan indeks S & P 500 menghapus penguatan mingguan, di tengah pandangan dari General Electric Co dan Advanced Micro Devices Inc yang kecewa ketika dollar menguat.

Mengacu Bloomberg, indeks S & P 500 melemah 0,5 % menjadi 2.131,05 pukul 09:33 waktu New York, menempatkan indeks acuan pada jalur untuk penurunan mingguan ketiga berturut-turut, sejak Juni.

Pelaku pasar sulit mengabaikan dollar yang tengah menanjak terkuat tujuh bulan. GE menyebutkan efek valuta akan merugikan pendapatan mereka sebanyak 6 sen per saham tahun ini.


Saham GE tergelincir 2,3 % setelah memotong perkiraan 2016 untuk pertumbuhan penjualan, sedangkan Advanced Micro Devices jatuh 7,3 % setelah memprediksi pendapatan kuartal keempat yang meleset.  

Di sisi lain, saham Microsoft Corp dan PayPal Holdings Inc naik lebih dari 5 % didukung laporan laba yang baik dari perkiraan, sementara McDonald Corp naik 5 % ditopang penjualan yang kuat melebihi perkiraan.

Setelah melonjak sebanyak 7,2 % tahun ini melalui rekor pada bulan Agustus, S & P 500 gagal untuk mendorong lebih tinggi karena investor menilai kebijakan bank sentral, kekuatan perusahaan Amerika dan laporan ekonomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto