Dollar Kanada mencuri peluang untuk naik



JAKARTA. Pasar Eropa yang masih libur menjadi momentum  bagi dollar Kanada (CAD) untuk mengungguli euro (EUR).

Mengutip Bloomberg, Senin (6/4) pukul 16.35 WIB pasangan EUR/CAD terpeleset 0,06% di level 1,3700 dibanding hari sebelumnya.

Pelemahan pasangan EUR/CAD diduga oleh Suluh Adil Wicaksono, Analis PT Millenium Penata Futures lebih dikarenakan antisipasi pasar terhadap data ekonomi Canada yang diprediksi positif pada Senin (6/4) malam.


Rilis data yang ditunggu pasar adalah survey Ivey PMI Canada bulan Maret 2015 yang diprediksi ekspansif ke level 51,1. Artinya di atas bulan sebelumnya yakni 49,7. “Kalau data ini sesuai prediksi maka kedua mata uang ini didukung oleh data ekonomi yang sama bagusnya,” duga Suluh.

Pasalnya rilis data ekonomi Eropa juga tidak buruk. Senin (6/4) data tingkat pengangguran Spanyol bulan Maret 2015 berkurang 60,2 ribu. Angka ini di atas prediksi yang hanya berkurang 18,3 ribu dan jauh di atas bulan sebelumnya yakni 13,5 ribu.

“Data Eropa ini high impact, namun pasar Eropa masih libur jadi pelaku pasar banyak yang tidak mengambil posisi pada EUR,” papar Suluh. Faktor inilah yang menjadi penekan EUR sehingga harus koreksi terhadap CAD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto