Dollar Kanada perkasa



JAKARTA. Mata uang dollar Kanada (loonie) menguat terbatas terhadap sebagian rekan mata uang. Loonie mendapat angin segar atas ekspektasi data ekonomi yang positif.

Mengutip Bloomberg, Senin (7/7) pukul 17.30 WIB, pasangan EUR/CAD turun 0,11% dibanding akhir pekan lalu ke 1,4467. Pasangan AUD/CAD turun 0,1% menjadi 0,9966. Sementara pairing USD/CAD turun 0,08% menjadi 1,0644.

Zulfirman Basir, Research and Analyst PT Monex Investindo Futures mengatakan,  pasar berekspektasi data ekonomi Kanada yang akan dirilis Senin malam akan positif. "Ini mendorong penguatan loonie,” ujar dia.


Ada beberapa data ekonomi Kanada yang dimaksud diantaranya, izin pembangunan Mei 2014 diprediksi tumbuh 3,1%. Sementara data PMI Kanada Juni berdasarkan survei Ivey diperkirakan sebesar 51,3. Angka di atas 50 menunjukkan ekspansi.

Sementara itu, Zulfirman menambahkan pada pasangan EUR/CAD melemah karena data produksi industri Jerman Mei 2014 yang minus 1,8%. Angka ini lebih buruk dibandingkan bulan sebelumnya tumbuh 0,3%.

Ibrahim, analis dan Direktur PT Equilibrium Komoditi Berjangka menuturkan, menurunnya pasangan AUD/CAD karena harga komoditas yang sedang anjlok. "Pelaku pasar juga mengantisipasi rilis data China pada minggu ini, sehingga terjadi pengurangan pembelian pairing AUD/CAD," terang dia.

Selain itu, Ibrahim menambahkan, loonie diuntungkan oleh ekspektasi inflasi Australia yang naik.

Tonny Mariano, analis PT Harvest International Futures menambahkan, pada pasangan USD/CAD tidak banyak data penting yang dirilis AS yang dapat mempengaruhi pergerakan. Pelaku pasar hanya mengantisipasi FOMC Rabu (9/7). Selain itu, ada proyeksi Bank Sentral Kanada (BoC) terhadap aktivitas ekonomi dan bisnis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Avanty Nurdiana