Dollar menjulang, emas didera aksi jual



SINGAPURA. Emas ditetapkan turun dalam periode empat bulan. Ini adalah jangka waktu penurunan terburuk sejak 1999. Harga emas memudar dalam dua hari seiring kekhawatiran krisis utang di Eropa yang memicu pengalihan aset ke dalam bentuk dollar Amerika Serikat (AS).

Di pasar spot, emas sudah tergelincir 0,2% menjadi US$ 1.552,02 per ons dan berada di US$ 1.552,47 pada 09:36 waktu Singapura. Bullion juga sudah minus menjadi US$ 1.550,18 kemarin. Ini adalah harga terendah sejak 23 Mei lantaran dollar AS menjulang ke level tertinggi sejak September 2010 terhadap mata uang utama dunia termasuk euro.

Bulan ini, harga logam mulia sudah 6,7% lebih rendah dan mencatat kinerja terburuk tahun ini. "Nilai tukar euro longsor di tengah kekhawatiran atas utang Spanyol mendorong investor melepas kepemilikannya di emas bahkan komoditas lain," ulas Lynette Tan, analis investasi Phillip Futures Ltd.


Namun, emas batangan di pasar futures untuk pengiriman Agustus naik 0,2% menjadi US$ 1.553,90 per ounce di pasar Comex di New York. Harga pengiriman ini sempat turun 1,3% kemarin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: