Dominasi asing mulai pudar di bursa Indonesia



JAKARTA. Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Ito Warsito mengungkapkan, pasar modal Indonesia terutama pasar saham sudah tidak lagi bergantung pada investor asing. Sebab, menurut Ito, kepemilikan saham investor domestik kian meningkat.

Ito merinci, porsi kepemilikan saham investor asing di pasar saham turun menjadi 58% per Agustus 2013. Menurut Ito, kondisi ini berubah secara signifikan jika dibandingkan tahun 2008, dimana porsi pemodal asing mencapai 70% dan sisanya investor domestik sekitar 30%.

"Artinya, kepemilikan saham investor asing kian berkurang dan investor domestik mulai bertambah. Ini merupakan tren yang baik," kata Ito di Gedung Otoritas Jasa Keuangan, Jakarta, Kamis (15/8).


Ito menjelaskan, porsi kepemilikan saham di pasar saham saat ini bisa dikatakan sudah seimbang antara investor asing dan domestik. Jadi, BEI mengimbau investor tak perlu khawatir, ketika terjadi nett sell oleh pihak asing.

Karena, investor domestik diyakini sudah bisa menutupi lepasnya dana asing tersebut dengan melakukan nett buy. "Bulan lalu terlihat asing nett sell hingga Rp 5 triliun, tetapi lihat saja sekarang sudah ada nett buy sekitar Rp 1,3 triliun. Jadi janganlah panik jika ada nett sell dari investor asing. Jadi keluar masuk dana itu hal wajar, karena yang mesti dicermati itu adalah fundamental makro ekonomi dan kepercayaan Pasar," tegas Ito.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri