Dongkrak Pendapatan, IMAS Bakal Beli Seluruh Saham Baru IMGSL



JAKARTA. PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (IMAS) memastikan diri melakukan pembelian seluruh saham baru (right issue) yang akan diterbitkan oleh PT Indomobil Group Sejahtera Langgeng (IMGSL). Transaksi itu memiliki total nilai sebesar Rp 7,5 miliar. Rencananya, IMGSL akan mengeluarkan sekitar 7.500 lembar saham baru. Jika transaksi tersebut berjalan lancar, berarti Indomobil akan menjadi pemegang saham pengendali karena akan menguasai 75% saham anak perusahaannya.

Untuk menjalankan aksinya itu, Indomobil akan menggunakan dana internal perusahaan. "Kami akan menggunakan pendanaan internal perusahaan," ujar Gunadi Sindhuwinata, Direktur Utama PT Indomobil kepada KONTAN hari ini. Tujuan dilakukannya hal itu antara lain untuk meningkatkan kinerja pendapatan perusahaan.

Meski demikian, emiten berkode saham IMAS itu harus meminta persetujuan para pemegang saham dalam RUPS nanti. RUPS tersebut bakal dilaksanakan pada 26 September mendatang. Jika sudah disetujui, lanjut Gunadi, transaksi akan dilakukan secepat mungkin.


Ia memastikan, meskipun Indomobil menjadi pemegang mayoritas saham IMGSL, pihaknya tidak akan memutuskan hubungan kerja terhadap karyawan. "Dengan adanya akuisisi ini kita berharap ada penambahan laba usahanya melalui anak usaha kami," ungkapnya.

Sekadar catatan, berdasarkan laporan keuangan semester pertama, IMAS berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 40,83 miliar dengan total penghasilan bersih sebesar Rp 3,58 triliun. Pada tahun ini, Indomobil menargetkan pendapatan sebesar Rp 9 triliun. Angka tersebut naik sebesar 77% dibanding tahun lalu yang hanya mencapai Rp 5,08 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie