Dongkrak Penjualan Domestik, Honda Luncurkan Varian Baru



TOKYO. Melempemnya penjualan otomotif dunia dan krisis global, membuat Honda Motor Co atur strategi untuk meningkatkan penjualannya. Hari ini, perusahaan otomotif kedua terbesar Jepang itu memperkenalkan produk versi terbaru Accord untuk meningkatkan penjualan domestik sebesar 2,3% tahun ini.

Honda menargetkan mampu menjual sekitar 1.000 unit Accord model teranyar per bulan di Jepang. Sedan Accord dan Accord Tourer station wagon, akan mulai dipasarkan esok hari. Kedua jenis mobil ini masing-masing dibanderol senilai 2,7 juta yen (US$ 29.000) dan 4,1 juta yen.

Honda merupakan satu dari dua produsen otomotif yang berupaya meningkatkan penjualan domestiknya tahun ini. Saat ini, Honda sudah menangguk keuntungan dari peluncuran versi baru produknya seperti Freed minivan dan Fit compact. Strategi Honda ini bukan tanpa alasan. Berdasarkan prediksi Japan Automobile Dealers Association, permintaan kendaraan industri otomotif dunia, tak termasuk minicar, akan anjlok ke level terendah dalam 34 tahun terakhir pada 2008 ini.


Sekadar informasi saja, tingkat penjualan kendaraan industri otomotif Jepang sudah merosot 4,2% tahun ini dan mencapai 18% pada bulan lalu. Sementara itu, penjualan di bulan November, di luar minicar, merosot 27%.

Tidak hanya di Jepang saja, penjualan mobil di seluruh dunia memang sudah mengalami penurunan seiring dengan terjadinya krisis global dan pengetatan kredit. Executive Vice President Honda Koichi Kondo mengatakan, Honda memprediksi, penjualan mobil di pasar otomotif AS, juga akan mengerucut antara 12,5 juta dan 12,6 juta kendaraan tahun depan.

Sementara itu, Goldman Sachs Group Inc mengestimasi, total tingkat penjualan mobil di AS pada tahun ini hanya mencapai 13,4 juta unit. Angka tersebut lebih rendah 17% dibanding 2007 lalu.

Editor: Didi Rhoseno Ardi