JAKARTA. PT Piaggio Indonesia kembali melakukan ekspansi untuk meningkatkan penetrasi di pasar sepeda motor nasional. Ekspansi Piaggio dengan meluncurkan empat produk sekaligus dengan dua dari merek Vespa dan dua lainnya dari merek Piaggio. Sergio Mosca, Managing Director PT Piaggio Indonesia menuturkan, pasar sepeda motor di Indonesia sangat potensial sehingga Piaggio akan hadir dengan rangkaian produk baru dan memperluas jaringan. “Sampai saat ini kami telah meluncurkan enam produk baru dan menargetkan akan menambah sekitar 24 outlet purnajual baru,” ungkapnya kepada Kontan, Kamis (14/6). Produk baru yang dihadirkan Piaggio adalah dua model Vespa, yaitu New Vespa PX 150 dan Vespa GTS 250ie. Merek lainnya, yaitu Piaggio yang menghadirkan Piaggio Liberty dan Piaggio MP3 Yourban 125.
Berkaitan dengan harga produk baru untuk model New Vespa PX 150 cc dipasarkan dengan harga Rp 59.900.000 on the road, kemudian Vespa GTS 250 cc ie seharga Rp 69.900.000 on the road, selanjutnya untuk Piaggio Liberty 100cc sebesar Rp 16.000.000 on the road, dan terakhir Piaggio MP3 Yourban 125cc sebesar Rp 99.900.000 on the road. Menurut Sergio, kehadiran Piaggio di Indonesia tidak hanya untuk kalangan menengah ke atas tetapi juga untuk kalangan menengah ke bawah. “Kami punya line-up dengan harga premium tetapi juga ada dengan harga yang lebih terjangkau,” ujarnya. Sergio mengatakan, untuk menyukseskan pemasaran rangkaian produk Piaggio diperlukan perluasan jaringan outlet purnajual. Sampai akhir tahun 2012 Piaggio menargetkan jumlah outlet purnajual mencapai 70 outlet dari jumlah yang ada saat ini sebanyak 46 outlet. Saat ini, Piaggio sudah memiliki kurang lebih sekitar 11 outlet di wilayah Jabodetabek, 4 outlet di Banten dan Jawa Barat, 6 outlet di Jawa Tengah, 2 outlet di Jawa Timur. Selain itu, Piaggio juga memiliki outlet di wilayah Bali dan Nusa Tenggara, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Sergio juga menuturkan, dengan ekspansi peluncuran produk dan perluasan jaringan akan meningkatkan angka penjualan perusahaan cukup signifikan. Sayangnya Ia tidak bisa menyebutkan angka pasti pertumbuhannya. Pada kuartal I tahun 2012, Piaggio perusahaan asal Italia ini telah mencatat angka penjualan hingga 5.000 unit. Sejak pertama beroperasi di Indonesia pada Agustus 2011 hingga Desember 2011 lalu, penjualan juga mencapai 5.000 unit. Berkaitan dengan penerapan kenaikan down payment(DP) kredit pembelian motor menjadi 25%, Sergio mengatakan, tidak akan berpengaruh terhadap penjualan Piaggio. Menurut Sergio, saat ini DP pembelian motor Piaggio sudah sebesar 20% dan dari total penjualan dengan porsi 60% melakukan pembelian secara tunai dan sebesar 40% melalui kredit. Tak mau kalah, sebelumnya PT TVS Motor Company Indonesia produsen sepeda motor asal India juga berekspansi memperluas jaringan dan meluncurkan produk motor sport baru. TVS Indonesia akan menggelontorkan dana investasi sebesar Rp 30 miliar untuk aktivitas pemasaran dan menambah 40 outlet purna jual baru. R. Anandakrishnan Presiden Direktur TVS Indonesia menuturkan, 40 outlet purnajual baru akan melengkapi jumlah yang ada saat ini sebanyak 160 outlet purnajual. “Strategi kami akan fokus kepada jaringan, perusahaan pembiayaan yang terpadu dan membangun brand TVS Motor di seluruh Indonesia,” ungkapnya.
Dari target pembangunan outlet baru, sekitar 20 outlet akan di bangun di kawasan Jabodetabek. Sedangkan, sisanya sebanyak 20 outlet akan di bangun di kawasan Kalimantan, Sumatera, dan Jawa. Menurut Anandakrishnan, dengan ekspansi ini TVS menargetkan total penjualan pada tahun fiskal 2012(periode April 2012-Maret 2013) sebesar 32.000 unit naik lebih dari 100% dari penjualan di tahun fiskal 2011. Selama bulan April sampai Mei lalu, TVS sudah mencatat penjualan sekitar 2.100 unit. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Djumyati P.