Dorong bisnis UMKM, Gojek perluas layanan pengiriman antarkota



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Inisiatif Gojek untuk membantu UMKM semakin berkembang diwujudkan dengan perluasan layanan pengiriman antarkota. Logistik selama ini memang menjadi salah satu tantangan terberat bagi pelaku usaha mikro dan kecil terlebih di situasi pandemi seperti saat ini.

Inovasi untuk logistik itu dijalankan melalui salah satu ekosistem Gojek yaitu GoSend. Layanan tersebut diberi nama GoSend Intercity Delivery dan secara resmi meluncur pada 26 Agustus 2020. Pada saat bersamaan juga diluncurkan fitur pemesanan yaitu GoSend Web Portal.

Head of Logistics Gojek Group Junaidi mengatakan, inovasi terbaru GoSend ini merupakan perwujudan seluruh upaya dan teknologi dalam ekosistem Gojek yang membantu UMKM supaya lebih mudah menerapkan digitalisasi pada operasional bisnisnya.


”Kami melihat logistik sangat menyulitkan bagi para pelaku UMKM. Pertama, UMKM sulit untuk dapat akses layanan logistik. Kedua, area layanan yang terbatas. Ketiga, keterlambatan pengiriman dan keempat biaya tinggi,” ungkap Junaidi dalam keterangan tertulis, Jumat (28/8).

Baca Juga: GoSend perluas jangkauan layanan antar kota dan fitur pemesanan baru web portal

Junaidi mengatakan, inovasi baru GoSend itu bertujuan untuk menggerus empat momok logistik yang dihadapi UMKM tersebut. Dengan inovasi itu, para pelaku UMKM bisa mendapatkan solusi ekosistem Gojek yang paling tepat sesuai dengan bisnis mereka.

Ia menambahkan, pihaknya akan terus melakukan berikan solusi lengkap untuk UMKM secepat mungkin agar bisa go-digital.

Setelah sebelumnya menjalankan layanan di Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi (Jadetabek) dan Bandung, GoSend yang berkolaborasi dengan Paxel, startup logistik same-day delivery service, memperluas jangkauan layanan ke Jawa Tengah. Dengan ekspansi tersebut, GoSend Intercity Delivery kini juga hadir di Yogyakarta, Solo, dan Semarang.

”Inovasi terus terjadi di era adaptasi kebiasaan baru ini. Bukan sekadar yang sudah terealisasi, pihaknya ingin membuka lebih banyak lagi peluang bagi UMKM di Indonesia untuk dapat berbisnis dengan lebih mudah,” ujar COO dan Co-Founder Paxel, Zaldy Ilham Masita.

Manfaat layanan GoSend Intercity Delivery tidak hanya dirasakan pengguna Gojek individu, tetapi juga para pelaku UMKM dan komunitas social seller yang terus berupaya mendorong produktivitas. Pada saat yang sama dilakukan upaya meminimalkan tantangan logistik pada saat mengirim barang ke konsumen.

Sejak diluncurkan pada April 2020, layanan GoSend Intercity Delivery untuk area Jadetabek dan Bandung telah mengalami peningkatan hingga tiga kali lipat. Sekitar 70% transaksi GoSend Intercity Delivery tersebut berasal dari pengiriman untuk kategori makanan dan minuman.

Baca Juga: Gojek mengintegrasikan aplikasi di empat negara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat