Dorong Inovasi, Dana Kelolaan Shariah Wealth Management Maybank Syariah Tumbuh 70%



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam upayanya meningkatkan bisnis perbankan syariah, PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) melalui Unit Usaha Syariah (UUS) telah melakukan inovasi untuk memperkuat solusi pengelolaan kekayaan Maybank Shariah Wealth Management (MySWM).

Bukan tanpa alasan, MySWM dinilai telah memberikan kontribusi yang terbilang cukup signifikan bagi bank. 

Head Wealth Management Maybank Indonesia, Aliang Sumitro mencatat dana kelolaan MySWM telah meningkat hingga 70% YoY dengan jumlah nasabah mencapai 12.000.


“Kontribusinya ke fee based saya bilang persentasenya saja ya itu sudah mencapai 25% dari total fee based,” ujar Aliang, Kamis (3/10).

Baca Juga: Gandeng Manulife Aset (MAMI), Bank Mega Syariah Hadirkan 6 Produk Reksadana Syariah

Jika mengacu pada laporan keuangannya per Juni 2024, pendapatan berbasis komisi yang dimiliki Maybank Syariah mencapai Rp 68,6 miliar. Artinya, fee based dari bisnis MySWM telah mencapai sekitar Rp 17,15 miliar.

Aliang pun bilang ke depan, pihaknya akan terus memperluas portofolio produk syariah dengan menambah layanan maupun akses digital untuk memberikan kemudahan dan inklusi keuangan yang lebih luas.

Romy Buchari, Direktur Perbankan Syariah Maybank Indonesia menambahkan MySWM merupakan langkah nyata mendukung Roadmap Pengembangan Perbankan Syariah Indonesia 2022-2025 dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk perbankan syariah yang resilient, berdaya saing tinggi, dan berkontribusi signifikan bagi perekonomian dan pembangunan nasional. 

Baca Juga: Mirae Asset dan DBS Rilis Layanan Rekening Dana Nasabah (RDN)

“Selain itu, kami akan terus berupaya untuk memperkuat posisi kami di industri perbankan syariah dengan memberikan solusi yang relevan dengan kebutuhan nasabah.” ujarnya.

Romy bilang Maybank Indonesia juga menghadirkan produk dan layanan terbaru, termasuk My Protection Rencana dan My Protection Waris. Keduanya merupakan produk asuransi jiwa tradisional syariah yang membawa beragam manfaat untuk melindungi aset dan keluarga dari risiko. 

Selain memberikan dukungan terhadap kebutuhan finansial di masa mendatang, ia menyebutkan My Protection Rencana dan My Protection Waris juga membawa manfaat spiritual dengan menawarkan pilihan fitur Wakaf hingga sebesar 45% dari nilai Santunan Asuransi.

Selanjutnya: Penetapan KIT Batang Jadi KEK Tinggal Tunggu Persetujuan Jokowi

Menarik Dibaca: 4 Tips Makeup untuk Menutupi Pori-Pori Besar, Pemula Bisa Coba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi