Dorong Pembangunan Ramah Lingkungan, Semen Indonesia (SIG) Gandeng BTN



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Semen Indonesia Tbk (SIG) dan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) berkolaborasi dalam mendorong pembangunan rumah ramah lingkungan. 

Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama SIG, Donny Arsal, dan Direktur Utama BTN, Nixon L.P. Napitupulu, dalam kunjungan kerja serta penyerahan kunci rumah di Pasaman Barat, Sumatra Barat, pada 11 Oktober 2024.

Donny Arsal menjelaskan bahwa sektor perbankan memiliki peran penting dalam menyediakan fasilitas permodalan bagi pengembang properti serta fasilitas pembiayaan berupa Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang memudahkan masyarakat dalam memiliki hunian. 


Baca Juga: Semen Indonesia (SIG) & Pelindo Perkuat Kerja Sama untuk Ketersediaan Bahan Bangunan

SIG, lanjutnya, berfokus pada penyediaan produk bahan bangunan inovatif yang rendah emisi dan fasilitas pembiayaan perumahan. Kolaborasi ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat akan hunian berkualitas dan terjangkau.

"SIG dan BTN memiliki visi yang sama untuk mendorong pembangunan rumah ramah lingkungan. Kolaborasi antar-BUMN ini diharapkan memberikan nilai tambah bagi kedua perusahaan dan manfaat yang luas bagi industri properti serta masyarakat," ujar Donny Arsal dalam keterangan tertulis, Kamis (17/10).

Ia mengatakan hal tersebut dalam acara penyerahan kunci rumah di perumahan Sulthan Residence, yang dibangun oleh PT Narendra Hutama Karya menggunakan produk precise interlock brick dan Semen Padang yang ramah lingkungan.

Pada kesempatan itu, BTN bersama SIG dan PT Semen Padang menyerahkan kunci rumah kepada konsumen di Sulthan Residence, Kabupaten Pasaman Barat. Acara ini dihadiri oleh jajaran Direksi BTN, SIG, PT Semen Padang, dan PT Narendra Hutama Karya. Selain penyerahan kunci, manajemen BTN juga meninjau proses produksi precise interlock brick di workshop PT Semen Padang.

Baca Juga: Dukung Pembangunan Ramah Lingkungan, Semen Indonesia (SGMR) Perkenalkan Semen Hijau

SIG, sebagai perusahaan penyedia solusi bahan bangunan terkemuka, mendorong penggunaan semen hijau yang rendah emisi dan produk turunannya. Precise interlock brick, salah satu inovasi ini, merupakan hasil penelitian yang menggunakan sistem kerja bata yang saling mengunci seperti lego.

 Keuntungan dari penggunaan material ini adalah lebih efisien, mudah diaplikasikan, dan lebih cepat dalam konstruksi. Precise interlock brick juga telah dinyatakan tahan gempa, khususnya untuk wilayah dengan risiko seismik tinggi.

Donny Arsal menambahkan bahwa precise interlock brick menjadi solusi pembangunan rumah yang cepat, terjangkau, dan ramah lingkungan, sehingga meningkatkan daya saing pengembang properti. "

SIG siap berkolaborasi dengan perbankan dan pemangku kepentingan lainnya dalam pembangunan rumah ramah lingkungan, sebagai bagian dari akselerasi transisi menuju ekonomi hijau di Indonesia," ujarnya.

Baca Juga: Semen Indonesia (SIG) Masuk 10 Besar Perusahaan Konstruksi Terpercaya Dunia

Direktur Utama BTN, Nixon L.P. Napitupulu, mengungkapkan kekagumannya atas kualitas rumah yang dibangun dengan precise interlock brick. Ia menilai inovasi ini dapat meningkatkan standar perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah. “Rumah subsidi ini terasa seperti rumah komersial. Inovasi ini luar biasa,” ujar Nixon.

Salah satu pemilik rumah di Sulthan Residence, Rita Dewi, mengatakan bahwa rumah precise interlock brick yang ia miliki terasa sejuk meski tanpa pendingin udara.

 "Ini yang membuat kami tertarik untuk memiliki rumah ini," katanya. Pemilik rumah lainnya, Hafizul Abli, menyampaikan rasa bangganya karena penyerahan kunci rumah dilakukan langsung oleh manajemen BTN dan SIG. "Kami bersyukur bisa memiliki rumah ini," ungkapnya.

Selanjutnya: Kementerian Era Prabowo Bertambah, Aspemigas Harap Perizinan Tetap Satu Pintu

Menarik Dibaca: Promo Padang Merdeka Oktober-November 2024, Gratis Telur Dadar via Digibank

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli