Dorong Pertumbuhan Mitra Agen, Nusantara Card Semesta (NCS) Libatkan UMKM



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Nusantara Card Semesta (NCS), perusahaan jasa pengiriman paket, barang, dan dokumen, berusaha memperkuat keterlibatan kelompok Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam kegiatan bisnisnya.

Direktur Utama Nusantara Card Semesta Reni Sitawati Siregar mengatakan, selama ini UMKM memiliki peran yang sangat besar dalam perekonomian Indonesia. Selain sebagai tulang punggung ekonomi nasional, UMKM juga terbukti mampu menjadi katalisator pertumbuhan dan penopang ekonomi di tengah ketidakpastian. 

Sejarah pun mencatat, UMKM terbukti cukup tangguh dan kerap mampu menjadi penyelamat bagi perekonomian Indonesia di tengah hantaman krisis ekonomi, seperti tahun 1998 dan 2008. 


“Sama halnya ketika Indonesia dilanda pandemi Covid-19, UMKM mampu bergerak cepat dengan melakukan transformasi, dari yang sebelumnya bertransaksi secara offline beralih ke transaksi daring atau online shopping,” ungkap dia dalam siaran pers yang diterima Kontan, Senin (22/7).

Baca Juga: Persaingan Bisnis Logistik Ketat, NCS Siapkan Sejumlah Inovasi untuk Pelanggan

Bisnis lain yang menunjang kegiatan para pelaku UMKM juga berpotensi ikut kecipratan untung, salah satunya bisnis kurir ekspedisi. Tidak heran jika sekarang banyak bermunculan outlet ekspedisi yang menandakan bisnis ini makin diminati. 

Sebagai catatan, saat ini NCS memiliki lebih dari 150 kantor organik atau dimiliki sendiri oleh perusahaan. Angka ini terdiri dari 110 kantor cabang dan 40 sub cabang di seluruh Indonesia. Selain itu, NCS juga memiliki lebih dari 1.500 mitra agen yang siap membantu semua kebutuhan pelanggan terkait proses pengiriman.

Mitra agen memiliki peran penting dalam pertumbuhan bisnis NCS. Pada 2024, NCS akan terus fokus pada penambahan mitra agen baru secara merata di seluruh wilayah Indonesia untuk mempermudah aksesibilitas layanan. 

“Mitra agen adalah partner yang bisa saling memberi masukan untuk pertumbuhan bisnis NCS ke depan. Kami menargetkan di akhir tahun ini bisa tumbuh hingga 1.700 mitra agen,” terang Reni.

Bagi masyarakat yang ingin menjadi mitra agen, NCS memiliki beberapa paket keagenan yang bisa dipilih. Mulai dari paket Rp 3,5 juta sampai Rp 15 juta dengan potensi keuntungan yang tidak kalah besar. Masyarakat dapat mengisi formulir pendaftaran mitra agen di situs resmi NCS.

Reni menambahkan, NCS juga akan melakukan pendampingan sejak awal mitra agen mulai bergabung hingga berjalan, dan apabila nantinya terdapat kendala atau informasi yang dibutuhkan. 

Selain itu, ada beberapa program menarik untuk mitra agen NCS yang bergabung. Di antaranya adalah promo cash back, free service pick up, dan fasilitas PPOB atau payment point online bank di mana mitra agen dapat menyediakan beragam layanan pembayaran perbankan bagi para pelanggannya.

Bisnis mitra agen pun dinilai NCS menjadi salah satu solusi dalam penciptaan lapangan kerja baru sekaligus sumber pemasukan yang menguntungkan. 

“Kami juga mendorong pelaku UMKM untuk bergabung menjadi mitra agen NCS," jelas Reni.

Dalam hal ini, selain mendapat omset dari pembelian barangnya, para pelaku UMKM juga akan mendapat cash back 20% dari setiap transaksi pengiriman sebagai mitra agen, sehingga menghasilkan double income.

Baca Juga: Nusantara Card Semesta (NCS) Bertekad Perkuat Bisnis Pengiriman di Sektor B2B

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati