Dorong Transformasi 4.0, Pupuk Kaltim Kembangkan Inovasi Smart Production



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) terus melakukan sejumlah inovasi berbasis digital dalam aktivitas bisnis perusahaan. Salah satunya dengan mengembangkan inovasi Smart Production.

Direktur Operasi dan Produksi Pupuk Kaltim Hanggara Patrianta, mengungkapkan Smart Production merupakan digital platform yang mengintegrasikan berbagai data dan informasi. Tujuannya untuk meningkatkan performa operasi pabrik melalui beberapa aplikasi yang dibangun secara in-house. 

Pengembangan ini menjadi bagian tak terpisahkan dalam transformasi industri 4.0 di Pupuk Kaltim. Smart Production merupakan salah satu aspek utama dalam mendorong kinerja optimal, mulai dari meningkatkan keandalan pabrik, produktivitas hingga efisiensi konsumsi energi dan bahan baku. 

"Smart Production di Pupuk Kaltim telah dibangun melalui berbagai aplikasi pendukung, hingga pengembangan yang dirancang saling terintegrasi satu sama lain untuk meningkatkan manfaat sekaligus efisiensi guna menghindari redundansi data," kata Hanggara dalam keterangan resminya, Rabu (3/5).

Pupuk Kaltim telah memamerkan inovasi Smart Production pada perhelatan Hannover Messe 2023 yang berlangsung di Jerman pada  periode 17-21 April lalu.  

Menurut Hanggara, gagasan Smart Production sekaligus wujud dukungan Pupuk Kaltim selaku National Lighthouse 4.0 di industri petrokimia, terhadap peta jalan Making Indonesia 4.0 yang telah ditetapkan Pemerintah.

Dia bilang, Pupuk Kaltim punya perhatian besar terhadap implementasi industri 4.0 di lingkungan perusahaan, melalui Roadmap IT Master Plan yang dirancang agar tetap sesuai jalur. Didukung evaluasi berkala untuk disesuaikan dengan kemajuan teknologi dan kebutuhan perusahaan. 

Diantaranya peningkatan infrastruktur teknologi informasi, guna menjaga realibility aplikasi seperti Data Center (DC) dan Disaster Recovery Center (DRC), serta meningkatkan security untuk menjaga berbagai data confidential perusahaan. Selain itu continuous improvement juga terus dilakukan, dengan beragam aplikasi yang saling terintegrasi. 

Pengembangan Smart Production juga diharapkan bisa memperkuat posisi Pupuk Kaltim dalam pertumbuhan industri petrokimia di Indonesia."Transformasi industri 4.0 melalui Smart Production telah memberikan business impact yang baik bagi Pupuk Kaltim, utamanya meningkatkan efektivitas kinerja di segala lini secara konsisten dan berkesinambungan," kata dia.

Selama Hannover Messe 2023, Pupuk Kaltim bersama Pupuk Indonesia Grup pamerkan sejumlah inovasi teknologi berbasis digital di bidang riset dan inovasi, hingga produksi dan rantai pasok pada sub tema Digital Ecosystem. Sedangkan di sub tema Energy Solution, Pupuk Indonesia turut berupaya menarik minat investasi dengan mempromosikan pengembangan amonia bersih dan kawasan industri hijau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dina Hutauruk