DPR: Lelang jabatan DEN menurunkan motivasi PNS



JAKARTA. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan menggelar lelang jabatan untuk posisi Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Energi Nasional (DEN).

Langkah Kementerian ESDM tersebut menurut Ketua Komisi VII DPR RI, Kardaya Warnika bakal menurunkan motivasi pegawai negeri sipil di dalam lingkungan Kementerian ESDM. Terutama jika kalangan di luar PNS dapat mengikuti proses lelang.

"Kalau orang luar boleh ikut, akan tambah menurunkan motivasi PNS terutama yang sudah meniti karier dari bawah," ujarnya.


Apalagi Kardaya menganggap lelang jabatan posisi Sekjen DEN tidak terlalu krusial dibandingkan dengan posisi Direktur Jenderal. Menurutnya, posisi Sekjen DEN hanya sebagai penunjang administratif dan kesekretariatan saja.

"Lelang jabatan Sekjen DEN sangat tidak krusial menurut saya, karena tidak berkaitan langsung dengan sesuatu yang teknis. Jadi tidak perlu calon yang benar-benar mengetahui permasalahan energi secara mendalam. Yang terpenting adalah paham kesekretariatan terutama dalam penyusunan dan pengajuan anggaran," jelasnya.

Sedangkan, secara lembaga, Dewan Energi Nasional memiliki peranan vital dalam kebijakan energi dalam negeri. Tugasnya antara lain merancang dan merumuskan kebijakan energi nasional untuk ditetapkan oleh pemerintah dengan persetujuan DPR.

Menetapkan rencana umum energi nasional dan langkah-langkah penanggulangan kondisi krisis dan darurat energi. Serta mengawasi pelaksanaan kebijakan bidang energi yang bersifat lintas sektor.

Selain lelang jabatan posisi Sekjen DEN, Kementerian ESDM juga melelang posisi Dirjen Migas. Dimana proses lelangnya akan dilakukan bersamaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hendra Gunawan