DPR Setujui Herindra Jadi Calon Kepala BIN Gantikan Budi Gunawan



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. DPR RI menyetujui Letjen (Purn) TNI Muhammad Herindra menjadi calon kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Keputusan itu diambil setelah Herindra menjalani uji kelayakan dan kepatutan di DPR, Jakarta pada hari ini sebagai calon Kepala BIN menggantikan Budi Gunawan. 

"Hasil dari tim menyatakan Muhammad Herindra kami terima untuk bisa dilantik pada waktunya oleh Presiden," kata Ketua DPR RI, Puan Maharani di gedung parlemen, Jakarta, Rabu (16/10/2024). 


Puan menjelaskan, rencana pihaknya akan menggelar rapat paripurna pengesahan Herindra sebagai calon Kepala BIN pada Kamis (17/10/2024). 

Baca Juga: Jokowi Berhentikan Budi Gunawan sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menyatakan, Herindra akan dilantik menjadi Kepala BIN berbarengan dengan menteri Kabinet Presiden terpilih Prabowo Subianto pada 21 Oktober 2024 mendatang. 

"Kalau keburu mungkin, pelantikannya akan bersamaan dengan menteri kabinet pada tanggal 21 (Oktober 2024)," kata Dasco di gedung DPR, Jakarta, Rabu.

Menurut rencana, pihak DPR akan menggelar Rapat Paripurna pengesahan Herindra sebagai Kepala BIN pada Kamis besok.

"Ya kita rencananya hari ini setelah memberikan pertimbangan, besok kita akan paripurnakan dan berkirim surat ke Presiden," kata Dasco. 

Selanjutnya: Infeksi Pernapasan, Eks PM Malaysia Mahathir Mohamad Masuk Perawatan Rumah Sakit

Menarik Dibaca: Cuaca Besok (17/10) di Jawa Tengah Cerah hingga Berawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .