Dua bankir senior Bank vatikan mendadak mundur



VATIKAN. Dua bankir senior di Bank Vatikan atau Institute for Works of Religion (IOR) mengundurkan diri menyusul peristiwa penangkapan pastur tingkat tinggi yang memiliki hubungan kedekatan dengan Bank Vatikan.

Bankir Bank Vatikan yang mengundurkan diri itu adalah, Paolo Cipriani yang berposisi sebagai Direktur dan Massimo Tulli yang berposisi sebagai wakil direktur.

Pengunduran diri dilakukan setelah tiga hari lalu Vatikan diguncang penangkapan pastur Monsignor Nunzio Scarano, yang terlibat skandal membawa uang senilai € 20 juta ke bank Italia dan Swiss.


Untuk menggantikan posisi yang ditinggalkan Cipriani, Ernst von Freyberg akan  menggantikan posisi direktur Bank sampai pengganti ditunjuk oleh pemilik saham. Selain menunjuk pengganti direktur, Bank Vatikan juga membentuk unit baru yaitu, Chief Risk Officer yang bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan bank terhadap peraturan perbankan.

Sementara itu, Monsignor Nunzio Scarano  yang ditangkap polisi bekerja sebagai akuntan senior di bidang administrasi keuangan di Vatikan. Ia ditangkap bersama seorang agen dinas rahasia Italia dan juga satu orang perantara keuangan.

Menurut transkrip laporan hakim, Scarano, saat ini berada dalam pengawasan dua penyidik terpisah, dari Italia di Roma dan juga Milan. Laporan hakim, yang diperoleh Reuters, mengatakan, Scarano mengendalikan sejumlah besar uang  karena memiliki koneksi ke bank Vatikan.

Sementara itu, hakim mengatakan, tidak ada indikasi bank Vatikan terlibat langsung dalam upaya membawa uang ke Italia. Namun begitu, penyelidikan saat ini masih berlanjut untuk mencari bukti-bukti lanjutan. 

Editor: Asnil Amri