Dua batang bahan bakar di reaktor nuklir Fukushima meleleh hari ini



TOKYO. Operator nuklir Jepang, Tokyo Electric Power Co (Tepco) menyatakan dua batang bahan bakar reaktor nuklir meleleh. Dua batang tersebut terdapat di reaktor Nomor 2 dan Nomor 3. Awal Mei lalu, Tepco mengumumkan batang bahan bakar di reaktor Nomor 1 meleleh.

Pengumuman dikeluarkan Tepco bertepatan saat tim badan pengawas energi atom PBB, IAEA, mulai melakukan penyelidikan di Fukushima. Batang bahan bakar reaktor Nomor 2 meleleh tepat 100 jam setelah gempa bumi yang berkekuatan 9 skala richer menggoyang Jepang pada Maret lalu.

Sedangkan pelelehan di reaktor Nomor 3 terjadi sekitar 60 jam setelah gempa itu. "Krisis core terbesar ada di reaktor 1, diikuti oleh reaktor 3 dan reaktor 2," ujar Juru bicara Tepco, Junichi Matsumoto.


Saat ini Tepco masih mengatasi radiasi yang berasal dari pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) itu. Matsumoto mengatakan, Tepco akan melakukan pengendalian radiasi sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. "Paling lambat Januari tahun depan," ujarnya hari ini (24/5).

Editor: