JAKARTA. Pemerintah memberikan dua pilihan konsep pengembangan kereta Jakarta- Surabaya ke investor. Dua pilihan konsep tersebut sudah ditawarkan ke Jepang waktu Presiden Joko Widodo bertemu dengan Perdana Menteri Jepang, Shinzu Abe beberapa waktu lalu. Konsep pertama, dengan menghilangkan perlintasan sebidang yang terdapat di jalur tersebut. Kedua, membangun jalur rel di atas (elevated). Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan mengatakan, setiap konsep memiliki keunggulan tersendiri. Untuk konsep elevated, dari sisi investasi nilainya bisa mencapai dua sampai tiga kali lipat lebih besar jika dibandingkan menghilangkan perlintasan sebidang. Dari sisi konstruksi pun, konsep ini akan lebih rumit.
Dua opsi pembangunan kereta cepat JKT-SBY
JAKARTA. Pemerintah memberikan dua pilihan konsep pengembangan kereta Jakarta- Surabaya ke investor. Dua pilihan konsep tersebut sudah ditawarkan ke Jepang waktu Presiden Joko Widodo bertemu dengan Perdana Menteri Jepang, Shinzu Abe beberapa waktu lalu. Konsep pertama, dengan menghilangkan perlintasan sebidang yang terdapat di jalur tersebut. Kedua, membangun jalur rel di atas (elevated). Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan mengatakan, setiap konsep memiliki keunggulan tersendiri. Untuk konsep elevated, dari sisi investasi nilainya bisa mencapai dua sampai tiga kali lipat lebih besar jika dibandingkan menghilangkan perlintasan sebidang. Dari sisi konstruksi pun, konsep ini akan lebih rumit.