Dua Tahun Diluncurkan, Saldo Tabungan Ultra Mikro BRI Capai Rp 1,53 Triliun



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejak dua tahun diluncurkan,  PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) mencatat saldo tabungan Simpedes Ultra Mikro capai Rp 1,53 triliun. Ini berkat holding ultra mikro yang semakin dikenal.

Seperti diketahui, tabungan tersebut hadir untuk melayani nasabah ultra mikro, utamanya nasabah eksisting dari anggota holding, Pegadaian dan PNM, serta belum punya rekening simpanan di BRI.

Di tahun pertama peluncurannya yaitu 2022, tabungan simpedes ultra mikro tercatat memiliki saldo Rp 807 miliar. Jumlah rekeningnya mencapai 7,13 juta.


Baca Juga: BRI Mudahkan Nasabah Buka Rekening Tambahan Melalui Aplikasi BRImo

Per Desember 2023, nilai saldo tabungannya pun bertambah sekitar Rp 800 miliar. Di mana, jumlah rekening juga bertambah cukup signifikan menjadi 13,53 juta rekening.

Peningkatan tersebut sejalan dengan debitur ultra mikro yang memang tumbuh pada periode yang sama. Jumlah debiturnya telah mencapai 37 juta atau tumbuh 22% dari posisi September 2021.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari pun berharap melalui holding tersebut, masyarakat bisa semakin sadar atas inklusi dan literasi keuangan formal. Di sisi lain, masyarakat bisa menjalankan usaha dengan mudah dan lancar selama menggunakan Tabungan Simpedes UMi.

"Harapannya, dengan meningkatnya tabungan maka dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada grass root. Nantinya tujuan pemerataan, inklusi, dan pemberdayaan bisa terwujud," ujar Supari dalam keteramgan resmi (10/1).

Baca Juga: Begini Persyaratan Mendapat Pinjaman Ultra Mikro Lewat Agen BRILink

Secara lebih rinci, beberapa fitur  bisa didapatkan bagi pemilik Tabungan Simpedes UMi, di antaranya tidak ada batas minimal untuk setoran awal. Dengan kata lain, nasabah bisa membuka Tabungan ini dengan saldo minimum mulai dari nol rupiah.

Selain itu, Tabungan ini tak memiliki batasan minimal saldo mengendap, yang artinya nasabah bisa menarik uang hingga tak tersisa alias tanpa saldo. Fleksibilitas pun bisa dirasakan bila nasabah ingin menutup rekening karena tidak dikenakan biaya sepeserpun atau gratis.

Begitu juga dengan kartu ATM Simpedes UMi yang berhak diterima para nasabah. Secara gratis, kartu ATM bisa didapatkan dan bisa digunakan untuk beragam keperluan seperti tarik tunai, transfer, belanja di mesin EDC BRI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli