Duh! Dengan metode klinis baru, jumlah kasus virus corona di Hubei naik 10 kali lipat



KONTAN.CO.ID - BEIJING. Jumlah korban tewas di provinsi Hubei tengah China akibat wabah virus corona melonjak 242 pada hari Kamis. Menurut komisi kesehatan provinsi Hubei, ini merupakan rekor harian tertinggi dan menjadikan jumlah total kematian di provinsi tersebut menjadi 1.310 orang.

Melansir Reuters, tingkat kematian baru juga naik lebih dari dua kali lipat dari catatan harian provinsi sebelumnya sebanyak 103 kasus yang dilaporkan pada hari Senin.

Jumlah kasus baru di Hubei, pusat wabah, juga melonjak menjadi 14.840 ketika komisi kesehatan Hubei mengatakan bahwa angka itu sudah termasuk orang yang didiagnosis melalui metode uji klinis baru mulai Kamis.

Baca Juga: Presiden China Xi Jinping menelepon Jokowi, ini yang dibahas

Menurut South China Morning Post, jumlah tersebut naik hampir sepuluh kali lipat dari jumlah yang dilaporkan sehari sebelumnya. Sebagai perbandingan, pejabat Hubei telah melaporkan 94 kematian dan 1.638 kasus baru yang dikonfirmasi sehari sebelumnya.

Otoritas pemerintah kesehatan Hubei juga merevisi data lamanya dan kasus yang didugaan virus corona. Jumlah kematian terbaru termasuk lebih dari 100 kasus yang didiagnosis secara klinis.

Baca Juga: Delapan hari setelah pulang dari Bali, turis China positif virus corona

"Mulai hari ini, kami akan memasukkan jumlah kasus yang didiagnosis secara klinis ke dalam jumlah kasus yang dikonfirmasi sehingga pasien dapat menerima perawatan tepat waktu," kata otoritas kesehatan dalam sebuah pernyataan seperti yang dikutip dari South China Morning Post.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie