Duh! Harga tiket pesawat melambung tinggi



JAKARTA. Menjelang masuknya bulan Ramadan, harga tiket penerbangan ke beberapa kota di Indonesia melambung luar biasa. Berdasarkan pengamatan KONTAN di situs maskapai penerbangan, harga tiket diketahui naik lebih dari dua kali lipat dari harga biasanya.

Tengok saja, harga tiket kelas ekonomi Lion Air untuk rute Jakarta- Padang hari Jumat (5/7) dibanderol Rp 1,34 juta. Tarif terendah untuk rute yang sama dibanderol Rp 1,23 juta. Padahal, di hari-hari biasanya, harga tiket kelas ekonomi rute yang sama masih bisa ditemukan di bawah harga Rp 500.000.

Kondisi harga tiket yang sama juga terjadi untuk rute Jakarta-Bali. Untuk keberangkatan hari Jumat (5/7), harga tiket Lion Air tujuan Jakarta-Denpasar sudah dibanderol Rp 1,386 juta.


Kondisi yang sama juga ditemukan di maskapai penerbangan Mandala Air. Untuk harga tiket keberangkatan Jumat (5/7) dengan rute Jakarta-Padang dibanderol Rp 1,23 juta. Begitu juga dengan penerbangan rute Jakarta-Denpasar di hari yang sama dibanderol Rp 1,01 juta, namun Mandala Air masih menyediakan pilihan harga tiket Rp 644.900 di jam keberangkatan yang berbeda.

Perlu diketahui, pengecekan harga tiket dilakukan KONTAN melalui situs resmi kedua maskapai tersebut pada pukul 17.17 WIB, Rabu (4/7). Belum diperoleh konfirmasi penyebab kenaikan harga tiket di dua maskapai yang mengklaim sebagai maskapai low cost carrier ini.

Namun begitu, ada sejumlah moment yang membuat bisnis transportasi bergairah. Moment tersebut adalah, adanya liburan sekolah dan kedatangan bulan Ramadan, dimana ada warga yang ingin melakukan perjalanan mudik sebelum datangnya bulan Ramadan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri