KONTAN.CO.ID - Allianz secara group adalah Official Insurance Partner untuk ABB FIA Formula E World Championship sejak tahun 2017, dan tahun ini merupakan tahun kedua Formula E dilaksanakan di Jakarta. Dukungan Allianz untuk Formula E adalah bentuk komitmen terhadap masa depan yang berkelanjutan dan mobilitas yang ramah lingkungan dengan konsumsi karbon emisi rendah. Selain menjadi Official Insurance Partner ABB FIA Formula E World Championship, Allianz adalah title sponsor untuk Allianz Fan Village, dimana pada Jakarta E-Prix 2023 Allianz hadir menyediakan edukasi mengenai topik keberlanjutan/sustainability serta mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan, memberikan hiburan, dan air mineral gratis di hidration center, untuk pengalaman Formula E yang lengkap dan interaktif bagi seluruh pengunjung. Sebagai salah satu perusahaan penyedia asuransi kendaraan kelas dunia, Allianz senantiasa menjadi mitra terdepan dalam solusi asuransi dan layanan inovatif seputar mobilitas bagi nasabah. Kemitraan ini menjadi sebuah peluang bagi Allianz untuk menciptakan cara inovatif untuk menginspirasi dan berinteraksi dengan penggemar Formula E untuk memberikan yang #TerbaikBagiBumi.
“Di Allianz, kami memiliki misi melindungi masa depan nasabah melalui solusi asuransi yang relevan dan komprehensif. Keberlanjutan juga merupakan komponen kunci dari DNA perusahaan kami, dan kami merasa bangga terafiliasi dengan Formula E. Ini adalah olahraga pertama di dunia yang mengusung karbon nol bersih (Net Zero Carbon) sejak awal, dan merupakan sebuah organisasi yang mendukung kepedulian terhadap lingkungan dan kemajuan sosial,” kata Alexander Grenz, Country Manager dan Direktur Utama Allianz Life Indonesia. “Saya juga berharap semua tim dan para pembalap menikmati pengalaman race yang aman dan seru di Jakarta E-Prix dan masyarakat mendapatkan pengalaman menyenangkan di Allianz Fan Village akhir pekan ini,” tambahnya., Setelah tiga tahun pandemi Covid-19, peningkatan mobilitas masyarakat Indonesia saat ini telah berangsur kembali normal. Kepolisian Republik Indonesia mencatat jumlah peningkatan kendaraan bermotor di Indonesia sebesar 152 juta unit, atau melebihi setengah dari populasi penduduk Indonesia per 3 Januari 2023. Angka ini meningkat jika dibandingkan dengan tahun 2020 yaitu sebesar 136 juta unit. Kembali bergulirnya aktivitas masyarakat, kepadatan lalu lintas baik kendaraan pribadi maupun umum di berbagai kota besar di Indonesia, menyebabkan langit seperti diselimuti awan kelabu. Sampai dengan bulan Juni 2022, laporan Air Quality Index (AQI) dari UCAR Center for Science Education mencatat deretan kota-kota dengan tingkat polusi tertinggi di dunia, antara lain Jakarta, Delhi, Dubai, Beijing, Kuwait, dan Santiago. Angka ini melampaui standar udara bersih yang ditetapkan oleh World Health Organization (WHO) dengan ambang batas PM2,5. Untuk menurunkan skor AQI kembali ke batas normal, maka alternatif penggunaan kendaraan listrik bisa menjadi salah satu pilihan. Dikutip dari situs resmi Kementerian Perhubungan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan bahwa penggunaan kendaraan listrik, selain untuk mengurangi pencemaran lingkungan dan menghemat energi, juga menghemat pengeluaran biaya operasional, baik secara individu ataupun pengeluaran daerah dan negara. Dengan maraknya instansi pemerintahan dan kementerian menggunakan kendaraan listrik maka populasi kendaraan listrik ini akan semakin banyak, dan tentunya akan mendorong pembangunan infrastruktur pendukung kendaraan listrik seperti lokasi pengecasan kendaraan listrik di tempat umum makin banyak dan kian menjamur. Dengan dikeluarkannya Perpres 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai, diharapkan semakin banyak penggunaan kendaraan listrik oleh masyarakat di tahun 2023. Perkembangan jumlah kepemilikan dan manufaktur industri kendaraan bermotor listrik juga terlihat semakin meningkat. Data Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menunjukkan jumlah pengguna kendaraan listrik di Indonesia per Maret 2023 sebanyak 56.988 unit. Angka itu mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2022 lalu, yakni sebanyak 15.437 pengguna. Sementara Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli) mencatat saat ini terdapat 52 Agen Pemegang Merek (APM) sepeda motor listrik. Pengembangan ekosistem kendaraan listrik sangat mendukung program percepatan pemanfaatan kendaraan listrik dari pemerintah untuk mengurangi polusi udara atau emisi karbon di sektor transportasi. “Melihat minat dan kebutuhan masyarakat kian berkembang, kami menyambut baik meningkatnya penggunaan kendaraan listrik. Kami berkomitmen menyediakan proteksi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Untuk itu, kami mengembangkan perlindungan kendaraan listrik dari produk yang ada dan melengkapi tambahan proteksi yang disesuaikan dengan perubahan komponen kendaraan listrik. Kami juga selalu mengikuti perkembangan panduan terkait proteksi kendaraan listrik yang sedang disusun oleh asosiasi bekerja sama dengan regulator,” kata Sunadi, Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia.
Tentang Allianz Indonesia Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah. Kini, Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.000 karyawan dan lebih dari 40.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 13 juta tertanggung. Tentang Allianz di Asia Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di Asia sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Tiongkok. Saat ini, Allianz aktif di 15 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 32.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 18 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital. Tentang Grup Allianz Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan lebih dari 122 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 683 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,6 triliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2022, Allianz Group memiliki 159.000 karyawan dan meraih total pendapatan 152,7 miliar Euro serta laba operasional sebesar 14,2 miliar Euro.
Baca Juga: Allianz Utama Indonesia Catat Profit dan Pertumbuhan Positif di Tahun 2022 Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti