KONTAN.CO.ID - Di tengah gempuran berbagai konten dari media sosial, media massa di Indonesia nyatanya masih mendapat kepercayaan dari publik. Hasil penelitian Reuters Institute bersama University of Oxford melaporkan, kepercayaan publik kepada media di Indonesia mencapai 36%, naik tipis dari tahun sebelumnya yang mencapai 35%. Serupa, goodstats.id mencatat, kepercayaan terhadap jurnalis di Indonesia juga tinggi yaitu 51%. Naiknya angka tersebut bukan hanya sebuah persentase, tetapi bukti kepercayaan publik kepada media sebagai penyebar informasi yang kredibel. Hal ini juga menunjukkan pentingnya media massa untuk menyampaikan kabar dari sumber tepercaya. Di sisi lain, masyarakat atau netizen media sosial kini semakin “ngulik” untuk mendapat informasi utuh. Tentu, dengan mengonfirmasinya di media massa. Sebab, bertaburnya konten atau berita yang sudah di-repost berkali-kali membuat kualitas informasi semakin kabur.
Dukung Karya Jurnalis Kontan dengan Langganan Business Insight
KONTAN.CO.ID - Di tengah gempuran berbagai konten dari media sosial, media massa di Indonesia nyatanya masih mendapat kepercayaan dari publik. Hasil penelitian Reuters Institute bersama University of Oxford melaporkan, kepercayaan publik kepada media di Indonesia mencapai 36%, naik tipis dari tahun sebelumnya yang mencapai 35%. Serupa, goodstats.id mencatat, kepercayaan terhadap jurnalis di Indonesia juga tinggi yaitu 51%. Naiknya angka tersebut bukan hanya sebuah persentase, tetapi bukti kepercayaan publik kepada media sebagai penyebar informasi yang kredibel. Hal ini juga menunjukkan pentingnya media massa untuk menyampaikan kabar dari sumber tepercaya. Di sisi lain, masyarakat atau netizen media sosial kini semakin “ngulik” untuk mendapat informasi utuh. Tentu, dengan mengonfirmasinya di media massa. Sebab, bertaburnya konten atau berita yang sudah di-repost berkali-kali membuat kualitas informasi semakin kabur.
TAG: