Dukung konektivitas, Wings Air terbang tiga kali sepekan dari Bandara Letung Anambas



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bandar Udara Letung, Anambas mulai melayani penerbangan reguler perdana maskapai penerbangan Wings Air dengan rute penerbangan Batam-Letung menggunakan pesawat tipe ATR 72-600 berkapasitas 72 seat. 

Wings Air akan beroperasi melayani penerbangan Batam-Letung pergi pulang (PP) tiga  kali seminggu, yaitu pada hari Senin, Rabu dan Jum'at. Dengan jam keberangkatan dari Batam pukul 12.30 WIB dan kembali ke Batam pukul 13.55 WIB. Sebelumnya di Bandara Letung telah beroperasi penerbangan perintis oleh Susi Air yaitu setiap hari Senin.

Staf Ahli bidang Logistik, Multimoda dan Keselamatan Perhubungan Cris Kuntadi, menyatakan Kementerian Perhubungan ditugasi untuk mengkoneksikan wilayah satu dengan yang lainnya, termasuk di Kepulauan Anambas, baik dari sektor transportasi darat, laut maupun udara.

"Kami tidak berhenti hanya sampai berdirinya sebuah bandara. Kami juga menyiapkan perangkat pendukung hingga menarik maskapai untuk beroperasi di bandara-bandara yang telah dibangun," ujarnya dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Sabtu (11/8).

Bandar Udara Letung merupakan salah satu bandara terdepan Indonesia yang terletak di Kepulauan Anambas. Bandara ini dikelola Kementerian Perhubungan dibawah koordinasi Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara Dabo Singkep.

Pembangunan Bandar Udara Letung yang dimulai sejak tahun 2014 merupakan tindaklanjut atas Program Nawa Cita Presiden Joko Widodo. Setelah 2,5 tahun pembangunan, bandara yang memiliki dimensi runway 1400 m x 30 m ini memulai operasional dengan masuknya penerbangan perintis oleh maskapai Susi Air.

Pada Maret 2018, Wings Air telah melakukan proofing flight guna melihat kesiapan Bandara Letung untuk didarati pesawat jenis ATR 72-600. Setelah melewati berbagai catatan dan evaluasi akhirnya ditetapkan pada tanggal 10 Agustus 2018 Wings Air mulai melakukan operasional penerbangan dengan rute Batam - Letung PP.

"Saya mewakili warga Anambas mengucapkan terima kasih atas dorongan semua pihak hingga penerbangan reguler dapat terwujud,” ucap Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra.

Zuhendra mengharapkan ada kemudahan dan peningkatan kesejahteraan bagi warga Anambas dengan banyaknya maskapai yang nanti akan beroperasi di Bandara Letung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi