KONTAN.CO.ID - Evermos berkomitmen mendukung rencana pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia lewat sektor UMKM. Keseriusannya ini Evermos tandai dengan penandatangan
memorandum of understanding (MOU) atau nota kesepahaman dengan Smesco di acara Indonesia Digital MeetUp 2023. Penandatangan dilakukan oleh Azlan Indra, VP of Business Strategy & Operations Evermos, dan Leonard Theosabrata, Direktur Utama Smesco Indonesia, yang disaksikan Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM.
Evermos berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran dan juga usaha bersama bahwa persaingan bisnis kini semakin sengit serta sudah memasuki intervensi global, yang bukan hanya perlu dilakukan oleh para pelaku swasta tapi juga seluruh lapisan masyarakat. Sekadar informasi, Evermos merupakan platform
connected commerce yang memberdayakan
brand lokal dan
underserved communities dalam menyediakan jaringan distribusi dan layanan
commerce yang berfokus pada produk-produk terkurasi sesuai prinsip syariah. Bisa dibilang, Evermos merupakan
one-stop platform yang menyediakan
brand lokal dengan layanan yang mendukung perniagaan secara komprehensif dan jaringan
reseller. Mereka dilengkapi dengan pelatihan untuk mendukung kesuksesannya.
Baca Juga: Saingi Starlink, Dua Satelit Amazon Lepas Landas ke Orbit Bangun Konstelasi Internet Evermos melalui ekosistemnya telah berusaha memberdayakan ribuan UMKM dan juga
internet marketer atau
dropshipper. Evermos telah membangun jaringan
connected commerce berbasis
reseller dengan lebih dari 165.000 penjual aktif di seluruh Indonesia dan 1.600 mitra UMKM. Ilham Taufiq,
Co-Founder dan
Chief Partnership & Strategy Officer Evermos, mengatakan, begitu besar potensi kolaborasi antara
internet marketer dengan UMKM. Evermos merasa beruntung dapat memberikan dukungan layanan melalui Everpro, salah satu unit bisnis Evermos yang berfokus dalam menyediakan solusi lengkap dan terintegrasi untuk para pebisnis online. "Melalui interaksi ini, kami bisa memiliki hubungan erat dan menjalin kerja sama langsung yang baik dengan para pelaku UMKM atau Internet Marketer," katanya dalam rilis yang diterima KONTAN, Jumat (6/10). Pada acara Indonesia Digital MeetUp 2023 pula, Everpro merilis dua produk berbasis fitur terbarunya, yaitu Everpro Funnel dan Everpro CRM. Everpro Funnel merupakan salah satu solusi untuk dapat meningkatkan konversi dari kampanye iklan melalui
landing page dan fitur yang saling terintegrasi untuk optimasi
closing di WhatsApp (LPWA).
Baca Juga: Bahas Solusi GovTech Untuk Masa Depan, Peruri Gelar Conference and Exhibition Azlan Indra bilang, LPWA saat ini masih menjadi metode yang paling populer dan efektif untuk pebisnis online apalagi pemula. Tercatat, ada sebanyak 72% penggunaan. "LPWA menghasilkan CPR (
Cost per Result) yang lebih murah dibandingkan dengan metode lain, serta dapat membantu optimasi performa iklan yang dijalankan," kata Azla. Melalui Everpro Funnel & CRM, Everpro menciptakan fitur-fitur yang dapat menjadi jawaban atas tantangan-tantangan mendasar para UMKM dan pelaku
internet marketing untuk menggunakan LPWA sebagai metode pengembangan bisnis mereka. Azlan menambahkan, layanan Everpro Funnel sudah teruji dapat menurunkan angka CPR (
cost per result) iklan lebih murah hingga 60%.
Layanan lainnya adalah Everpro CRM yang bisa mengoptimalkan penjualan dengan menurunkan risiko RTS hingga 50% melalui fitur Update Status Paket otomatis untuk setiap pengiriman yang dilakukan, hingga meningkatkan potensi
repeat order dari pelanggan loyal hingga 30%. Everpro CRM juga dapat mengatur dan menyimpan data pelanggan dari berbagai platform penjualan dalam satu database, memberi label, dan segmentasi kepada pelanggan. Hingga mengirim pesan
broadcast WhatsApp ke beberapa pelanggan sesuai dengan alur kerja yang dapat dibuat sendiri atau mengikuti
template yang sudah disediakan. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Francisca bertha