Dukung Program Makan Bergizi Gratis di Pemerintahan Prabowo, Mentan Siapkan 2 Skema



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyampaikan bahwa pihaknya menyiapkan dua skema untuk mendukung program makan bergizi gratis di pemerintahan Presiden Prabowo Subianto. 

Skema itu melalui program pekarangan pangan bergizi serta program peningkatan produksi susu dan daging. 

“Makan bergizi gratis bagus banget programnya dan Kementerian Pertanian (Kementan) harus mengambil peran,” kata Amran melalui keterangan tertulis dari kantor Kementan, Jakarta Selatan, Kamis (24/10). 


Baca Juga: Makan Bergizi Gratis Bakal Dimulai 2 Januari 2025

Amran mengatakan bahwa program makan bergizi gratis dapat disokong mulai dari tingkat rumah tangga melalui program pekarangan pangan bergizi. 

Artinya, lanjut dia, setiap rumah dapat menyuplai kebutuhan gizi seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan lainnya dari tanaman yang dibudidayakan sendiri. 

“Program kami ke depan adalah membagikan benih dan bibit unggul. Jadi di pekarangan bisa tanam sayur-sayuran, umbi-umbian, ternak ayam, bebek, lele di pekarangan,” ujar Amran. 

Jumlah rumah tangga di Indonesia ada 70 juta. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan rata-rata belanja rumah tangga setiap bulannya sebesar Rp 2 juta atau total belanja rumah tangga seluruh Indonesia adalah Rp 1.400 triliun per tahun. 

Amran menyebutkan, pekarangan pangan bergizi dapat berpotensi mengurangi belanja rumah tangga tersebut. Amran juga optimistis pekarangan pangan bergizi juga dapat mendorong pergerakan ekonomi di pedesaan. 

Baca Juga: Prabowo Mempertaruhkan Kepemimpinannya di Program Makan Bergizi Gratis

“Jangan hanya melihat makanan bergizinya. Lihat apa yang bergerak di sekelilingnya. Sayur-sayuran segar, ayam, telur dapat menyuplai bahan baku di sekelilingnya, sehingga ekonomi bergerak di desa,” tutur Amran. 

Di sisi lain, Kementan juga berupaya menjalankan program peningkatan produksi susu dan daging sapi dengan menggaet investor serta mengatur regulasi untuk impor sapi perah. 

“Untuk susu sapi, kita mengundang investor dari Vietnam, mereka berani produksi susu 1,8 juta, kita impor 3,7 juta, berarti separuh kan. Kami mau kawal,” ujar Amran.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Mentan Siapkan 2 Skema Dukung Program Makan Bergizi Gratis di Pemerintahan Prabowo"

Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2024/10/25/090000926/mentan-siapkan-2-skema-dukung-program-makan-bergizi-gratis-di-pemerintahan.

Selanjutnya: Beda dengan Gatal Biasa, Begini Ciri-Ciri Gatal karena Diabetes

Menarik Dibaca: Beda dengan Gatal Biasa, Begini Ciri-Ciri Gatal karena Diabetes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi