Dukung UMKM, BCA luncurkan program Bangga Lokal Kolaberaksi



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berkomitmen mendukung pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia. Melalui program BCA Bangga Lokal Kolaberaksi, BCA berinisiatif mengajak para UMKM Indonesia untuk tetap semangat berinovasi melalui produk andalan mereka.

EVP Transaction Banking Business Development BCA I Ketut Alam Wangsawijaya mengatakan, program tersebut dinisisasi untuk memberikan dukungan kongkrit agar pelaku UMKM bisa semakin meningkatkan kualitas produknya. Dengan kolaborasi tersebut diharapkan tantangan yang dihadapi pelaku usaha bisa diurai.

"Salah satu tantangan UMKM, produknya tidak dikenal walaupun produknya bagus. Kedua, konsep pemasarannya perlu dibantu. Sayang jika akses pemasaran sudah bagus dan produk berkualitas tetapi dari sisi branding tidak dipoles, itu hasilnya akan kurang maksimal. Maka lewat kolaborasi ini diharapkan produk UMKM bisa lebih tepat posisioning-nya sehingga mendapat costumer baru dan tetap loyal," kata I Ketut secara virtual, Rabu (18/8).


Program BCA Bangga Lokal Kolaberaksi merupakan inisiatif dari BCA yang bersinergi dengan Kreavi dan Grebe sebagai fasilitator bagi UMKM.  Melalui program ini, BCA mengajak Kreator Kreatif dan pelaku UMKM untuk berkolaborasi menciptakan sebuah produk yang memiliki sentuhan lokal dan seni.

Baca Juga: Bank Panin berencana menambah 14 kantor cabang baru sampai akhir tahun

Pada program BCA Bangga Lokal Kolaberaksi, terdapat lima Kreator Kreatif yang turut serta berpartisipasi diantaranya Nibras (@astro.ruby), Erin Dwia (@erindwia), Maika Collective (@maikacollective), Popomangun (@popomangun.png) dan Jamal (@lapantigatiga). 

Adapun berbagai produk unggulan dari BCA Bangga Lokal yang turut berpartisipasi diantaranya Paperielab, Specialtea, SINAU Indonesia, Galada, HIA Everywear, Kavia Soapery, Engineer Workwear, Nucalale, Hamjeansku!, Dua Coffee dan Maximall Footwear. Kolaborasi yang dihadirkan ini pun menciptakan produk unggulan yang memiliki kualitas terbaik.

Pada pengembangan program ini, BCA turut mendorong perkembangan UMKM melalui berbagai aktivitas seperti edukasi yang dilakukan secara virtual melalui webinar maupun aktivitas komunitas. Tidak hanya itu, turut menyediakan sarana pembayaran yang beragam bagi pengembangan usaha dan kemudahan transaksi. BCA juga melakukan networking dan channelling seperti yang dilakukan saat ini dengan Kreavi dan Grebe untuk memfasilitasi kreator kreatif dan pelaku UMKM dalam mengembangkan ide kolaborasi.

“Ini sebuah inisiatif yang keren, mengkolaborasikan UMKM dengan kreator atau pelaku kreatif. Karena kita tahu di jaman jualan online seperti saat ini tentu konten dan pesan kreatif punya nilai unik dan daya tarik tersendiri. Kolaborasi antara pihak UMKM dengan kreator tentu akan jadi kekuatan baru dan BCA Bangga Lokal cukup jeli melihat ini” ujar Anto Motulz, perwakilan dari Kreavi.

Baca Juga: Dongkrak pembiayaan, Clipan Finance berikan bunga 2,50% untuk tenor 3 tahun

Sebagai informasi, BCA telah mengembangkan program BCA Bangga Lokal di November 2020. Hingga saat ini, program BCA Bangga Lokal telah menaungi lebih dari 500 brand lokal yang melingkupi kategori UMKM dari bidang Kesehatan dan Kecantikan, Fashion, Makanan dan Minuman hingga Hobi dan Aktivitas.

Selain itu, BCA juga bekerjasama dengan marketplace & online service seperti: Blibli, Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada dan Grab yang menawarkan berbagai produk lokal dengan diskon yang menarik.

Selanjutnya: Dorong pertumbuhan kredit payroll, Bank Mandiri sesuaikan kebutuhan nasabah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi