Dulu Mercedes Favorit, Sekarang Pertama Kali Mobil Kepresidenan Pakai Buatan Pindad



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Prabowo Subianto membuat sejarah baru. Di era kepemimpinannya, mantan Menteri Pertahanan ini lebih memilih menggunakan mobil buatan PT Pindad Indonesia. Pilihannya jatuh pada mobil lokal MV3 Garuda Limousine.

MV3 Garuda Limousine merupakan varian pengembangan terbaru dari mobil MV3 yang didesain dan dikembangkan berdasarkan arahan langsung dari Presiden Prabowo Subianto. Mobil ini akan digunakan untuk presiden dan wakil presiden RI.

Selama ini Pindad lebih dikenal sebagai produsen produk hankam dan industri yang menghasilan produk unggulan seperti senapan serbut, pistol, amunisi berbagai kaliber, Anoa, medium tank Harimau, Maung, alat pertanian, eskavator dan berbagai produk lainnya.


Di era sebelum Prabowo mobil kepresidenan masih banyak menggunakan mobil buatan luar. Kalau dilihat paling banyak adalah mobil kepresidenan yang digunakan adalah buatan Jerman, Mercedes-Benz. Ada beberapa seri Mercy yang menjadi mobil kepresidenan di Indonesia.

Baca Juga: Spek Keren MV3 Garuda Limousine, Mobil Antipeluru Prabowo-Gibran Buatan PT Pindad

Terakhir Mercedes Benz S600 Guard digunakan oleh Presiden Joko Widodo. Mobil keluaran tahun 2008 ini didukung mesin otomatis 12 silinder 5980 cc berbahan bakar bensin yang bisa menghasilkan kecepatan maksimal 510 tenaga kuda pada torsi 2000 rpm. Dengan mesin ini, mobil dapat melaju maksimal 250 km/jam.

Mobil ini mempunyai lisensi perlindungan B6/B7 yang merupakan standar proteksi keamanan tertinggi untuk mobil. Seluruh bodi dan kaca mobil Mercy ini berlapis antipeluru standar militer dan bebas serangan granat tangan.

Ada pula Mercedes Benz S-Class W140. Mobil ini menemani perjalanan dinas 3 presiden sekaligus, yaitu Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Presiden Megawati dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Mobil keluaran tahun 1998 ini dibekali mesin 5987 cc.

Sebelumnya di era Presiden Soeharto juga digunakan Mercedes Benz S-Class W126 untuk perjalanan dinas. Mobil ini juga digunakan oleh Presiden Abdurrahman Wahid dan Presiden B.J. Habibie. Dirilis tahun 1982, mobil berwarna hitam ini juga dibekali mesin 4973 cc yang menghasilkan 240 tenaga kuda. Kecepatannya bisa mengaspal maksimal 225 km/jam dan berakselerasi 0–100 km/jam dalam 7,5 detik.

Tak hanya itu, ketiga presiden tersebut juga menggunakan mobil kepresidenan Mercedes Benz S280 tahun 1980. Mengusung mesin M117.963, mobil ini menghasilkan 240 daya kuda dan tenaga puncak 240 Nm ini sehingga bisa melaju hingga 225 km/jam. Tangki bensinnya bisa menampung 90 liter bensin.

Bisa dibilang Soeharto adalah yang paling sering menggunakan Mercy. Ia juga pernah menggunakan Mercedes-Benz 500SEL Limousine produksi tahun 1987. Mengusung mesin M117.963, mobil klasik ini mampu melaju hingga 220 km/jam. Lalu di tahun 1995, Soeharto kembali berganti mobil dinas baru menjadi Mercedez-Benz S 600 keluaran tahun 1994.

Merek luar lain

Selain Mercedes, sebenarnya ada beberapa merek mobil luar lain yang menjadi pilihan beberapa presiden RI.

Mobil kepresidenan pertama di era Presiden Soekarno malah menggunakan Buick Limited 8 yang dirilis tahun 1929. Mobil ini menemani perjalanan dinas Sukarno dari tahun 1945-1949. Sekarang mobil ini masih disimpan di Museum Joang 45, Menteng Jakarta Pusat.

Meski beberapa kali menggunakan Mercedes, tetapi B.J. Habibi rupanya sempat menggunakan mobil kepresidenan buatan pabrikan Amerika Serikat, Cadillac Fleetwood Brougham. Mobil buatan 1980 ini menggunakan mesin penggerak roda belakang yang ditaruh di depan dan ditunjang mesin 8 silinder yang menghasilkan tenaga 150 bhp pas di 3800 rpm dan torsi maksimum 359 Nm pada 1600 rpm. 

Presiden Jokowi juga termasuk salah pemimpin negeri yang menggunakan mobil kepresidenan diluar Mercedes. Terkadang ia tampak menggunakan mobil kepresidenan lainnya seperti BMW 760Li Security, BMW X5 Security, Mercedes-Benz S-Class yang Terbaru, Toyota Land Cruiser, dan model Volkswagen Caravelle dan Toyota Alphard. Semuanya dilindungi oleh bahan berlapis baja dan rata-rata berwarna hitam. 

Selanjutnya: Bumi Resources Minerals (BRMS) Garap Tambang Tembaga di Gorontalo

Menarik Dibaca: Promo Susu Anak di Alfamart sampai 31 Oktober, Ada Gratis Minyak Goreng & Sunlight

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Putri Werdiningsih