Dyah Roro Esti Resmi Terima Tongkat Estafet sebagai Wakil Menteri Perdagangan



KONTAN.CO.ID - Dyah Roro Esti Widya Putri resmi menerima Tongkat Estafet sebagai Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) dari Jerry Sambuaga pada hari ini, Selasa (22/10). Serah terima jabatan Wamendag yang berlangsung di kantor Kementerian Perdagangan tersebut dihadiri Menteri Perdagangan Budi Santoso bersama pimpinan eselon I, eselon II, dan pejabat fungsional ahli utama Kementerian Perdagangan.

Dyah Roro menyampaikan, sebagai Wamendag baru, ia akan menjalankan mandat Presiden Prabowo Subianto dan arahan Mendag Budi. Pesan tersebut ditegaskan dalam sambutannya usai serah terima jabatan.

"Presiden Prabowo menekankan perlunya untuk menekan ego sektoral. Untuk itulah, anggota Kabinet Merah Putih dikumpulkan bersama dalam sejumlah kesempatan. Usai menerima tongkat estafet Wamendag, saya akan segera menghadap Mendag Budi untuk meminta arahan kerja lebih lanjut agar tercipta sinergi dan kolaborasi," jelas Wamendag Dyah Roro.


Wamendag Dyah Roro juga melayangkan apresiasi atas pengabdian dan capaian Wakil Menteri Perdagangan 2019--2024 Jerry Sambuaga. "Capaian Wamendag periode sebelumnya terkait perundingan perdagangan internasional cukup mengemuka dan menginspirasi saya. Perundingan perdagangan yang sedang dijajaki akan saya lanjutkan," tandas Wamendag Dyah Roro.

Sekilas Profil Wamendag Dyah Roro

Presiden Prabowo Subianto menunjuk Dyah Roro Esti Widya Putri untuk mengemban jabatan sebagai Wakil Menteri Perdagangan pada Kabinet Merah Putih. Penunjukan tersebut diumumkan Presiden pada Minggu lalu (20/10).

Dalam kapasitasnya sebagai anggota DPR, Wamendag Dyah Roro juga diberi kepercayaan untuk menjabat sebagai anggota Board Member Young Parliamentarians Inter-Parliamentarian Union (IPU) merepresentasikan wilayah Asia dan Pasifik pada 2022--2024. Ia juga menjadi anggota World Bank Young MPs Steering Committee untuk wilayah Asia dan Pasifik dari pada 2022--2024.

Wamendag Dyah Roro lulus dari Universitas Manchester menyandang gelar sarjana Ekonomi dan Sosiologi. Setelah menyelesaikan studi sarjananya, ia juga mengikuti dan menyelesaikan kursus tingkat pascasarjana di Universitas Harvard. Diah juga menyandang gelar M.Sc. Teknologi Lingkungan (dengan fokus Manajemen Pencemaran) dari Imperial College London.Wamendag Dyah Roro aktif dalam kegiatan politik dan pernah ditugaskan di Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat RI yang membidangi Industri, Energi, Riset dan Inovasi dan juga Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP). Ia juga menjabat sebagai Ketua Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) Indonesia-Peru yang salah satunya bertujuan mendorong percepatan Indonesia-Peru Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA). Hal ini demi mewujudkan perdagangan yang lebih produktif hingga memperluas pasar Indonesia ke Amerika Latin.

Baca Juga: Presiden Prabowo Resmi Melantik 55 Wakil Menteri Kabinet Merah Putih, Ini Daftarnya

Selanjutnya: Link Live Streaming Manchester City vs Sparta Praha Malam Ini, Kick-off 02.00 WIB

Menarik Dibaca: Hujan Bisa Turun di Sini, Simak Prakiraan Cuaca Besok (24/10) di Jawa Barat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
TAG: