Dyandra (DYAN) Optimistis Bisnis Unit Tourism Leisure Penuhi Target Pengunjung



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Dyandra Media International Tbk (DYAN) melalui bisnis unit PT Mitra Natura Raya, PT Dyandra Mitra Indah dan PT Mitra Global Animalia yang bergerak di sektor tourism leisure optimistis memenuhi target pengunjung di akhir tahun ini.

Untuk diketahui PT Mitra Natura Raya sejak tahun 2020 berperan sebagai operator taman wisata yaitu dengan mengelola empat Kebun Raya yaitu Kebun Raya Bogor, Purwodadi, Cibodas dan Bali.

Selain itu, PT Dyandra Mitra Indah, berperan sebagai operator tiga wahana di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yaitu Dunia Air Tawar & Dunia Serangga, Taman Burung dan Museum Komodo dan Taman Reptil.


Baca Juga: PT Dyandra Media International (DYAN) Optimitis Pendapatan Tumbuh 20% Tahun 2023

Sedangkan, untuk PT Mitra Global Animalia melalui Animalium Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), yang mengelola kawasan wisata ilmu pengetahuan satwa (Animal Science Tourism).

Terkait target pengunjung hingga akhir tahun Mirna Gozal selaku Corporate Secretary DYAN mengatakan, masing-masing tempat memiliki target yang berbeda-beda pula.

“Untuk PT Mitra Global Animalia melalui Animalium BRIN, yang mengelola kawasan wisata ilmu pengetahuan satwa (Animal Science Tourism) target sampai dengan akhir tahun adalah 104.000 pengunjung,” ungkap Mirna saat dihubungi Kontan.co.id, Sabtu (21/10).

 
DYAN Chart by TradingView

Untuk Animalium BRIN, perseroan saat ini masih melakukan canvassing sekolah dan tetap berlanjut sampai akhir tahun ini. Menjelang akhir tahun Mirna juga mengatakan biasanya diprediksikan adanya kenaikan dikarenakan momen libur sekolah.

Baca Juga: Ini Rincian Penyelenggaraan Acara Dyandra Media (DYAN) di Kuartal III-2023

Sedangkan untuk Jagat Satwa Nusantara dibawah naungan PT Dyandra Mitra Indah yang mengelola Taman Burung serta Museum Komodo dan Taman Reptil menargetkan 95.000 pengunjung sampai dengan akhir tahun.

“Dimana Taman Burung baru beroperasi 8 Agustus 2023 dan Museum Komodo dan Taman Reptil baru beroperasi 7 September 2023 kemarin,” kata Mirna.  

“Sedangkan untuk 2 wahana di TMII, sampai akhir tahun sudah terlihat adanya kenaikan permintaan dan dapat dilihat dari bookingan group atau pembelian mandiri kami melalui sistem,” tambahnya.

Kemudian, saat ditanya, strategi apa yang diterapkan DYAN melalui anak-anak usahanya terutama di bidang tourism leisure dalam menggaet wisatawan di akhir tahun ini. Mirna mengatakan, perseroan menawarkan beberapa promo akhir tahun berupa voucher yang dibagikan maupun dijual di beberapa pameran.

“Untuk industri hotel, kami menerapkan flexible rate, promo package serta harga special untuk program Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE),” katanya.

Baca Juga: Dyandra Media (DYAN) Optimistis Tren Bisnis Exhibition Naik di Semester II-2023

Pendapatan dari anak-anak usaha terutama di bidang tourism leisure diestimasikan dapat menyumbang setidaknya 10% dari proyeksi pendapatan keseluruhan tahun ini.

“Untuk estimasi kontribusi dari bisnis tourism leisure adalah sekitar 10% dari proyeksi pendapatan FY 2023,” tutupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto