E-Toll Card Bakal Meluncur Januari 2009



JAKARTA. Setelah melalui proses yang cukup panjang, PT Bank Mandiri Tbk akhirnya memenangkan tender pengembangan sistem pembayaran elektronik (e-payment) jalan tol. Teknologi yang digunakan untuk pembayaran e-payment ini menggunakan kartu prabayar contactless smart card yang disebut e-toll card.

Dalam kerjasama ini, Bank Mandiri akan melayani ruas tol yang berada di bawah naungan atau dioperatori oleh PT Jasa Marga, PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk, PT Bintaro Serpong Damai dan PT Marga Mardalasakti.

Keempat operator itu akan berperan sebagai merchant dan pemilik brand e-toll card. Sedangkan Bank Mandiri berperan sebagai issuing bank, aquiring bank, settlemet bank dan penyedia sarana isi ulang kartu.


Direktur Utama Jasa Marga Frans S Sunito mengatakan, teknologi ini dapat menghemat waktu cukup banyak. Mari kita bandingkan. Dengan penggunaan sistem biasa, waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 7 detik. Akan tetapi, dengan teknologi ini, waktu yang dibutuhkan hanya 4 detik saja. "Dengan e-payment, maka akan mengurangi antrean di gerbang tol," katanya (31/10).

Pada tahap awal yang akan dilakukan pada Januari 2009 nanti, pembayaran tol dengan e-toll card akan dilaksanakan di ruas dalam kota Jakarta, Padalarang-Cileunyi dan Cikupa-Merak. Sedangkan untuk ruas Pondok Aren-Serpong akan dioperasikan pada akhir tahun 2009.

Ruas tol lainnya yang di bawah pengelolaan keempat operator tersebut akan dilaksanakan sesegera mungkin di tahun 2009 juga. Tetapi untuk soft launch akan dilaksanakan pada Desember tahun 2008 ini. Frans mengharapkan 40% pengguna jalan tol akan menggunakan sistem ini dalam 3 sampai 4 tahun ini.

Direktur Utama Bank Mandiri Agus Martowardojo mengatakan bahwa kerjasama ini merupakan momentum penting untuk menyukseskan less cash society di Indonesia. "Dengan teknologi micro payment yang dimiliki Bank Mandiri, diharapkan pengelolaan transaksi tol dapat sukses," tuturnya.

Menurut Agus, dari pengalaman di beberapa negara, transaksi e-payment juga dapat diterapkan untuk sektor transportasi. "Setelah kerjasama ini, sudah pasti nantinya kami akan mengembangkan juga untuk pembayaran parkir dan pembayaran pembelian bensin," kata Agus. Secara infrastruktur, Bank Mandiri mengaku siap karena saat ini mereka sudah mengembangkan teknologi elektronik chanelling.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie