Eddie Howe Masuk Bursa Calon Pelatih Baru Manchester United



KONTAN.CO.ID - Nama pelatih Newcastle United, Eddie Howe, dikabarkan mulai masuk radar Manchester United untuk menggantikan peran Erik Ten Hag yang tak kunjung memberikan hasil positif.

Howe sebelumnya lama diberitakan akan mengisi pos pelatih timnas Inggris yang ditinggalkan Gareth Southgate selepas EURO 2024 lalu. 

The Express, pada hari Minggu (13/10) mengabarkan, Manchester United sedang mempertimbangkan untuk merekrut Eddie Howe di tengah ketidakpastian tentang masa depan Erik ten Hag.


Kabar lain dari GiveMeSport menyebutkan sebaliknya. Ineos, pemilik MU, siap mempertahankan Ten Hag dan memberinya tambahan dana £200 juta dan perpanjangan kontrak satu tahun di musim panas dapat membalikkan keadaan.

Meskipun begitu, mereka juga siap mengambil langkah alternatif jika awal buruk di Liga Primer Inggris (EPL) terus berlanjut.

Laporan tersebut menambahkan, para petinggi MU seperti kepala eksekutif Omar Berrada dan direktur teknis Jason Wilcox adalah pengagum berat Howe.

Baca Juga: Catatan Head to Head China vs Indonesia Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026

Statistik Eddie Howe di Newcastle United

Mengutip FootyStats, manajer berusia 46 tahun asal Inggris ini memiliki persentase kemenangan 42,72% sepanjang karir kepelatihannya.

Howe bergabung dengan Newcastle pada musim 2021/2022 dari Bournemouth. Di musim pertamanya, Howe menangani 28 laga di semua kompetisi dengan hasil 13 menang, 5 kali seri, dan hanya 1 kali kalah. Newcastle finish di peringkat ke-11 klasemen akhir EPL.

Di musim selanjutnya, Howe menangani Newcastle di EPL, FA Cup, dan Carabao Cup. Dari 46 laga yang dimainkan, Howe bisa memberikan 24 kali menang, 14 kali seri, dan 7 kali kalah. Musim berakhir dengan baik, Newcastle finish di peringkat ke-4 klasemen EPL dan lolos ke Liga Champions Eropa (UCL).

Musim lalu, Howe sepertinya cukup kesulitan menangani banyak pertandingan karena Newcastle harus bermain di UCL.

Hasilnya, 51 laga Howe berakhir dengan 23 kali menang, 10 kali seri, dan 18 kalah. Di liga pun Newcastle hanya mampu finish di peringkat ke-7.

Musim ini Newcastle masih bertahan di peringkat ke-7 klasemen EPL dengan 3 kali menang, 3 kali seri, dan 1 kali kalah. Di Carabao Cup, Howe bisa memberikan 1 kali menang dan 1 kali seri.

Selanjutnya: Pionir Skema Sewa Panel Surya Tanpa Biaya Awal, Xurya Telah Bangun Lebih 100 MW PLTS

Menarik Dibaca: Sering Disandingkan, Apa Perbedaan Asam Urat dan Kolesterol Sebenarnya?