Ekonom India gantikan peneliti China di World Bank



WASHINGTON. Bank Dunia telah menunjuk Kaushik Basu, sebagai ekonom utamanya. Terakhir, ia menjabat sebagai penasihat ekonomi untuk pemerintah India.

"Ia membawa pengalaman secara langsung dari negara berkembang, sehingga bisa menjadi asset utama bagi lembaga," demikian penjelasan Bank Dunia melalui rilis hari ini, Kmais (6/9).

Secara resmi, ia akan mengabdi di World Bank per 1 Oktober 2012. Dia menggantikan Justin Lin dari China yang masa jabatannya berakhir 1 Juni silam.


Dengan penunjukan ini, Basu akan cuti dari jabatannya sebagai profesor di Cornell University.

"Setelah bekerja di Kementerian Keuangan India, di samping prestasi akademik yang gemilang, Kaushik adalah sosok unik yang diharapkan menawarkan solusi berbasis bukti dan menyarankan kepada negara-negara klien serta memberikan keunggulan inovatif dalam memimpin penelitian kami," papar Jim Yong Kim, World Bank group president.

Basu meraih gelar doktor dari London School of Economics dan mendirikan Pusat Pengembangan Ekonomi di Delhi School of Economics pada 1992. Ia telah menulis beberapa buku dan juga menulis di sejumlah kolom untuk situs berita BBC.

Editor: