KONTAN.CO.ID - Pola konsumsi masyarakat mulai berubah belakangan ini. Bank Amerika Merrill Lynch merilis bahwa setiap generasi masyarakat memiliki pola konsumsi yang berbeda-beda. Pemerintah harus memanfaatkan perubahan ini demi mengoptimalkan penerimaan pajak. Dalam 4 kategori yang dibagi Merril Lynch, 3 generasi dari tradisionalis, baby boomers, dan generasi X masih menghabiskan sebagian besar pengeluarannya untuk bahan makanan. Tradisionalis sebesar 30,4%, baby boomers 27,2%, dan generasi X 25,3%, dan millennial sebesar 21,7%. Di sisi lain, berdasarkan data Merril Lynch, pengeluaran terbesar dari millennial adalah restoran, bahan bakar/gas, dan hobi/baju/elektronik sebesar 23,8%, 10,8%, dan 18,5%. Angka ini merupakan yang terbesar jika dibandingkan dengan ketiga generasi lainnya.
Ekonom: Pemerintah jangan kehilangan momentum
KONTAN.CO.ID - Pola konsumsi masyarakat mulai berubah belakangan ini. Bank Amerika Merrill Lynch merilis bahwa setiap generasi masyarakat memiliki pola konsumsi yang berbeda-beda. Pemerintah harus memanfaatkan perubahan ini demi mengoptimalkan penerimaan pajak. Dalam 4 kategori yang dibagi Merril Lynch, 3 generasi dari tradisionalis, baby boomers, dan generasi X masih menghabiskan sebagian besar pengeluarannya untuk bahan makanan. Tradisionalis sebesar 30,4%, baby boomers 27,2%, dan generasi X 25,3%, dan millennial sebesar 21,7%. Di sisi lain, berdasarkan data Merril Lynch, pengeluaran terbesar dari millennial adalah restoran, bahan bakar/gas, dan hobi/baju/elektronik sebesar 23,8%, 10,8%, dan 18,5%. Angka ini merupakan yang terbesar jika dibandingkan dengan ketiga generasi lainnya.