Ekonom Proyeksi Kembali Terjadi Deflasi di September 2024



KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Indeks Harga Konsumen (IHK) pada September 2024 diproyesi kembali mengalami deflasi. Artinya, ini akan menjadi deflasi bulan kelima secara beruntun.

Kepala Ekonom Bank Permata Josua Pardede mengatakan, deflasi pada September diperkirakan mencapai 0,04% secara bulanan atau month-to-month (mtm). Proyeksi tersebut bergerak tipis dari deflasi pada Agustus 2024 yang mencapai 0,03% mtm.

Sementara itu, secara tahunan, Josua memperkirakan, IHK mencatatkan inflasi sebesar 1,92% year-on-year (yoy), lebih rendah dari inflasi di bulan sebelumnya yang sebesar 2,12% yoy.


Josua menyampaikan, faktor terjadinya deflasi pada bulan September karena terdapat beberapa harga komoditas pangan yang masih turun.

“Jadi, kita tidak bisa menyimpulkan bahwa deflasi ini adalah selalu merupakan penurunan daya beli. Karena inflasi itu ada dua sisi, permintaan dan juga supply-nya,” tutur Josua kepada awak media, Kamis (26/9).

Baca Juga: Deflasi 4 Bulan Beruntun, Indef Desak BI Turunkan Suku Bunga

Ia menambahkan, harga pangan yang masih rendah terjadi akibat seri panen raya yang menyebabkan harga pangan mengalami pergerakan yang cukup signifikan.

Sepanjang tahun ini, setidaknya terdapat dua panen raya yang terjadi yakni di Bulan April dan di Bulan September.

Hal ini menyebabkan persediaan pangan melonjak, dan menyebabkan harga pangan menurun cukup signifikan.

“Jadi panennya ini agak berseri, awalnya April-Mei itu padi, beras. Kemarin Agustus kan bawang merah,” ungkapnya.

Selanjutnya: Setoran Dividen BUMN Hingga Agustus 2024 Mencapai Rp 70,29 Triliun

Menarik Dibaca: Buah yang Paling Cepat Menurunkan Asam Urat, Apa Saja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari