Ekonomi Jepang Bangkit Kuat di Kuartal II Karena Peningkatan Konsumsi



KONTAN.CO.ID - TOKYO. Ekonomi Jepang tumbuh lebih cepat dari perkiraan tahunan sebesar 3,1% pada April-Juni 2024. Ekonomi Jepang bangkit dari kuartal sebelumnya berkat peningkatan konsumsi yang solid.

Data yang dirilis Kamis (15/8) pagi ini mendukung perkiraan Bank of Japan bahwa pemulihan ekonomi yang solid akan membantu inflasi mencapai target 2% secara berkelanjutan, dan membenarkan peningkatan suku bunga lebih lanjut.

Peningkatan produk domestik bruto (PDB) dibandingkan dengan perkiraan pasar rata-rata untuk kenaikan 2,1%, dan mengikuti penurunan 2,3% yang direvisi pada kuartal pertama, menurut data pemerintah. PDB Jepang mencatat kenaikan sebesar 0,8% triwulanan (QoQ), mengalahkan kenaikan 0,5% yang diperkirakan oleh para ekonom dalam jajak pendapat Reuters.


Konsumsi swasta telah menjadi titik lemah dalam ekonomi karena rumah tangga berjuang dengan meningkatnya biaya hidup yang sebagian disebabkan oleh harga impor yang lebih tinggi karena yen yang lemah.

Baca Juga: Ini Rudal Udara Terbaru AS yang Bisa Geser Keunggulan China di Laut China Selatan

Konsumsi swasta, yang menyumbang lebih dari setengah dari output ekonomi, naik 1,0%, dibandingkan dengan perkiraan kenaikan 0,5%. Ini adalah kenaikan pertama dalam lima kuartal.

Belanja modal, pendorong utama pertumbuhan yang didorong oleh permintaan swasta, naik 0,9% pada kuartal kedua. Angka tersebut sama dengan prediksi para ekonom dalam jajak pendapat Reuters.

Permintaan eksternal, atau ekspor dikurangi impor, memangkas pertumbuhan sebesar 0,1 poin, menurut data tersebut.

Bank of Japan menaikkan suku bunga bulan lalu dan merinci rencana untuk mengurangi pembelian obligasi dalam jumlah besar sebagai langkah lain menuju penghentian stimulus moneter besar-besaran.

Editor: Wahyu T.Rahmawati