JAKARTA. PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) telah merencanakan ekspansi ke 10 negara sejak tahun lalu. Namun ternyata, aksi tersebut baru bisa rampung di tahun ini. Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia Internasional (Telin) Syarif Syarial Ahmad mengatakan bahwa pihaknya masuk ke tiap negara dengan modus yang berbeda-beda. Menurut dia, investasinya tak langsung besar karena melalui Mobile Virtual Network Operator (MVNO) dan co-branding. "Ini seakan-akan hanya untuk membuka pasar. Investasinya pun kecil karena hanya menyewa lisensi produk," ucap Syaiful, Selasa, (26/8).
Sementara itu, terdapat tiga negara yang akan TLKM sasar di semester kedua ini. Negara-negara tersebut antara lain Arab Saudi, Macau, dan Taiwan. Adapun, emiten telekomunikasi ini telah memiliki cabang di tujuh negara yakni Singapura, Hongkong, Timor Leste, Australia, Myanmar, Malaysia, dan Amerika Serikat. Pada bulan depan, emiten halo-halo ini resmi akan memasuki Arab Saudi. Di situ, TLKM melakukan co-branding dengan operator Arab Saudi yang bernama Mobily. Adapun saat ini, TLKM tengah dalam tahap finalisasi.