JAKARTA. Selama periode Januari- Juli tahun ini, ekspor alas kaki ternyata menanjak pesat. Ekspor alas kaki naik 33,1% dibandingkan periode yang sama tahun lalu menjadi US$ 1,4 miliar. Tahun 2009 lalu, realisasi ekspor alas kaki baru mencapai US$ 1 miliar dengan pertumbuhan -3% dibandingkan tahun sebelumnya. Perbaikan ekonomi dunia merupakan sumber kenaikan ekspor dari alas kaki ini terutama jenis sepatu olah raga. “Amerika Serikat masih merupakan pasar terbesar produk alas kaki Indonesia,” kata Mari Elka Pangestu di Jakarta (1/10). Mari menyatakan, eksportir nasional menguasai 22,6% ekspor alas kaki di Negeri Uwak Sam itu Meskipun demikian, pangsa pasar pedagang nasional terbilang kecil hanya 2,5%. (lihat table).
| Pangsa Terhadap Ekspor Nasional (5) | Pangsa Indonesia 2009 (%) | |
Jan-Juli 2009 | Jan-Juli 2010 | ||
Amerika Serikat | 22,95 | 22,57 | 2,51 |
Inggris | 8,03 | 8,40 | 3,75 |
Prancis | 2,51 | 3,07 | 3,35 |
Meksiko | 1,46 | 2,90 | 11,20 |
Brazil | 1,13 | 2,68 | 8,23 |
Korea Selatan | 1,55 | 1,70 | 4,72 |
Panama | 1,24 | 1,51 | - |
Australia | 1,25 | 1,49 | 2,77 |
Federasi Rusia | 0,97 | 1,33 | 2,37 |
Chiu | 0,74 | | 4,97 |