JAKARTA. Indonesia berada di urutan ke-7 sebagai negara pemasok produk kecantikan Malaysia. Pangsa pasar yang digenggam sebesar 5,54%, setelah Thailand, Singapura, China, Amerika Serikat, Prancis, dan Korea Selatan. Berdasarkan data Department Statistic of Malaysia, ekspor Indonesia tahun 2015 tercatat senilai RM 176,95 juta, naik sebesar 19,26% dibandingkan tahun 2014. Sementara itu, tren pertumbuhan rata-rata sebesar 11,8% dalam 3 tahun terakhir. Tren konsumsi Malaysia pada produk kecantikan semakin meningkat, tidak saja di kalangan wanita dewasa, tetapi telah berkembang ke konsumen remaja dan pria. Hal ini terjadi seiring meningkatnya kebutuhan untuk berpenampilan lebih menarik. Tren impor produk kecantikan di Malaysia dalam tiga tahun terakhir juga menunjukkan pertumbuhan rata-rata sebesar 8,24% per tahun.
Ekspor produk kecantikan ke Malaysia menanjak
JAKARTA. Indonesia berada di urutan ke-7 sebagai negara pemasok produk kecantikan Malaysia. Pangsa pasar yang digenggam sebesar 5,54%, setelah Thailand, Singapura, China, Amerika Serikat, Prancis, dan Korea Selatan. Berdasarkan data Department Statistic of Malaysia, ekspor Indonesia tahun 2015 tercatat senilai RM 176,95 juta, naik sebesar 19,26% dibandingkan tahun 2014. Sementara itu, tren pertumbuhan rata-rata sebesar 11,8% dalam 3 tahun terakhir. Tren konsumsi Malaysia pada produk kecantikan semakin meningkat, tidak saja di kalangan wanita dewasa, tetapi telah berkembang ke konsumen remaja dan pria. Hal ini terjadi seiring meningkatnya kebutuhan untuk berpenampilan lebih menarik. Tren impor produk kecantikan di Malaysia dalam tiga tahun terakhir juga menunjukkan pertumbuhan rata-rata sebesar 8,24% per tahun.