Elon Musk Meradang! Tolak Rencana Biden Melarang Suku Cadang dari China



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Elon Musk dan Tesla baru-baru ini menyatakan keberatan terhadap rencana Presiden Joe Biden untuk melarang penggunaan suku cadang asal China dalam mobil Amerika.

Hal ini menciptakan ketegangan baru antara miliarder tersebut dan Gedung Putih menjelang pemilihan presiden AS.

Kritik Terhadap Rencana Larangan

Tesla menanggapi rencana pemerintah AS yang berpotensi membatasi impor teknologi mobil modern dari China dan Rusia, menyebutnya sebagai “regulasi pelaporan yang besar dan pada akhirnya tidak perlu.”


Baca Juga: Saham Perusahaan Produsen Mobil Listrik China Melonjak Pasca Catat Rekor Pengiriman

Dalam pernyataannya, Tesla menegaskan bahwa proposal Presiden Biden akan menambah “beban regulasi yang tidak diperlukan” bagi produsen mobil Barat, banyak di antaranya sudah berjuang menghadapi persaingan dari rival-rival China.

Rencana tersebut mengharuskan perusahaan mobil AS untuk memastikan bahwa komponen mobil canggih yang diimpor dari luar negeri tidak berasal dari China atau Rusia.

Untuk menegakkan aturan ini, produsen harus mengajukan informasi terperinci tentang semua pemasok yang relevan, yang pada gilirannya akan menambah birokrasi yang rumit.

Dampak Terhadap Industri Otomotif

Komentar Tesla muncul di tengah upaya Musk yang meningkat untuk mendukung Donald Trump menjelang pemilihan presiden pada hari Selasa.

Dalam kritiknya, Tesla menyasar aspek tertentu dari proposal larangan tersebut, terutama yang menyangkut perangkat keras dan perangkat lunak yang menghubungkan mobil dengan dunia luar, seperti sistem mengemudi otomatis dan Bluetooth.

Menteri Perdagangan AS, Gina Raimondo, menyatakan pada bulan September bahwa aturan ini penting untuk mencegah musuh asing mengambil alih kendali mobil di jalan raya AS.

Namun, dalam tanggapannya kepada Departemen Perdagangan, penasihat perdagangan Tesla, Miriam Eqab, mengklaim bahwa peraturan ini “menambah beban regulasi yang tidak diperlukan pada perangkat lunak yang dirancang oleh pihak non-AS.”

Baca Juga: Pria Ini Beli Tesla Rp 2,2 Miliar, Dijual Setelah 2 Tahun Harganya Bikin Nyesek!

Implikasi Bagi Tesla dan Produsen Lain

Musk sebelumnya juga mengkritik tarif yang diberlakukan Biden pada mobil listrik yang diimpor dari China, menyatakan, “Secara umum, saya mendukung tidak ada tarif.”

Para analis memperingatkan bahwa kebijakan ketat AS yang dirancang untuk menekan industri mobil China bisa memicu tindakan balasan dari Beijing terhadap Tesla, yang menjual 600.000 mobil di China tahun lalu.

Proposal Biden, yang diharapkan berlaku mulai 2027, telah memicu reaksi dari produsen mobil lain. Polestar, produsen mobil listrik yang dimiliki oleh Geely dari China, memperingatkan bahwa aturan tersebut akan “secara efektif melarang” mereka menjual mobil di Amerika.

Lotus, yang juga dimiliki oleh Geely, menyatakan bahwa rencana tersebut “dapat menjadi perhatian bagi masa depannya di AS.”

Ford juga memperingatkan bahwa aturan ini berisiko “terlalu luas dan tidak perlu”, yang dapat melarang penjualan mobilnya yang diproduksi di luar negeri.

Volkswagen meminta “status preferensial” bagi produsen mobil yang berbasis di “negara sekutu.”

Penyelidikan dan Dukungan untuk Trump

Beberapa regulator telah membuka penyelidikan terhadap Tesla dan perusahaan-perusahaan Musk lainnya selama masa kepresidenan Biden, termasuk menyangkut teknologi mengemudi otomatis dan kepatuhan terhadap aturan pasar saham.

Baca Juga: Elon Musk Effect, Bagaimana Dampak Orang Terkaya di Dunia terhadap Demokrasi AS?

Ketelitian ini dianggap sebagai salah satu alasan Musk secara vokal mendukung Trump, menyumbangkan puluhan juta dolar untuk upaya membawa Trump kembali ke Gedung Putih.

Musk dan Trump telah membahas kemungkinan peran bagi miliarder tersebut dalam pemerintahan Trump, termasuk memimpin “departemen efisiensi pemerintahan.”

Menghadapi Ancaman dari China

Rencana pelarangan suku cadang mobil asal China muncul setelah Biden menyatakan bahwa upaya China untuk mendominasi pasar mobil global adalah ancaman bagi keamanan nasional Amerika.

Kekhawatiran ini juga mendorong tindakan serupa di Eropa, di mana pejabat telah memperkenalkan tarif yang lebih tinggi untuk impor mobil listrik dari China.

Uni Eropa telah memberlakukan langkah-langkah yang mengenakan tarif hingga 35% untuk menghentikan masuknya model-model murah dari China.

Banyak produsen mobil China didukung oleh subsidi negara yang besar dari Beijing, memungkinkan mereka menjual mobil dengan harga jauh lebih murah dibandingkan rekan-rekan Eropa mereka.

Editor: Handoyo .