ELTY Getol Gaet Mitra Asing buat Bisnis Tol



JAKARTA. PT Bakrieland Development Tbk (ELTY) tengah giat melakukan ekspansi usaha. Tak hanya bisnis properti, anak usaha PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) ini serius menggarap bisnis jalan tol. Bahkan, sebagai alternatif pendanaan, Bakrieland menjajaki beberapa calon investor strategis.

Saat ini, perusahaan mulai menggarap proyek pembangunan jalan tol Kanci - Pejagan sepanjang 35 kilometer. Proyek yang melalui anak usahanya, PT Semesta Marga Raya ini diperkirakan menelan nilai investasi Rp 2,1 triliun. Rencananya, proyek tersebut bisa rampung Oktober 2009.

Sekretaris Perusahaan Bakrieland Nuzirman Nurdin mengatakan, komposisi pendanaan proyek tersebut adalah 30% dari kas internal dan 70% bersumber dari pinjaman. Saat ini, perusahaan sudah mengantongi komitmen pinjaman Bank BNI, BRI, dan BPD Jawa Tengah. Meski begitu, ELTY ini tidak menutup kemungkinan menggandeng investor strategis. "Kami selalu berupaya menggandeng  strategic partner,” katanya, hari ini.


Sayang, dia belum mau bercerita mengenai calon investor itu karena masih dalam tahap penjajakan. Yang jelas, investor itu berasal dari luar negeri, termasuk dari Timur Tengah.

Selain itu, ELTY tengah mempersiapkan pengerjaan tiga ruas jalan tol lain yaitu Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, dan Batang-Semarang. Proses pengerjaan ketiga proyek tersebut berjalan bertahap mulai tahun depan. Sedangkan total kebutuhan dana proyek itu diperkirakan sekitar Rp 10 triliun.

Salah satu cara menggaet investor asing adalah melalui penerbitan obligasi syariah atau sukuk. Hiramsyah S. Thaib,  Presiden Direktur ELTY, mengatakan pihaknya sedang mempersiapkan penerbitan sukuk untuk mengakomodasi para investor dari Timur Tengah. Namun, dia belum bisa menyebutkan nilai sukuk itu . Menurutnya, masih ada alternatif pendanaan lain seperti pinjaman dari bank syariah.

Di sisi lain, Bakrieland juga berniat menggandeng investor asing untuk membantu penyelesaian beberapa proyek properti. Direktur ELTY Ferdinand Sadeli bilang, proyek properti yang butuh uluran bantuan tersebut adalah Bogor Nirwana Residence, Ijen Nirwana Residence, dan Batam Nirwana Residence.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Test Test