Emas diburu untuk lindung nilai



SINGAPURA. Harga spot emas hari ini Senin (15/7) kembali naik dan memperpanjang kenaikan yang terjadi pekan lalu. Sebagaimana diketahui, pekan lalu harga emas mencatat kenaikan harga terbaik dua tahun, menyusul keputusan The Federal Reserve (Fed) mempertahankan stimulus ekonomi.

Harga spot emas telah naik 0,1% menjadi US$ 1.285,70 per ounce setelah naik hampir 5% pekan lalu, atau kenaikan tertinggi sepekan sejak Oktober 2011. Walaupun naik, tetapi harga emas turun 25% tahun ini.

Sementara itu, harga emas di AS naik US$ 7 menjadi US$ 1.284,50. Sedangkan perak, platinum dan paladium semua naik ke tingkat tertinggi dalam lebih tiga minggu.


Perlu diketahui, banyak investor membeli emas untuk melakukan lindung nilai terhadap inflasi. "Orang-orang (investor) masih membeli setelah ada jaminan stimulus dari Gubernur The Fed, Ben Bernanke," kata salah satu Trader di Hong Kong.

Selain itu, kenaikan harga jual emas disokong oleh data pertumbuhan ekonomi China kuartal II yang tumbuh sebesar 7,5%.  "Ini sikap Bernanke yang berdampak terhadap pasar, "kata Han Pin Hsi, kepala global riset komoditas di Standard Chartered Bank di Singapura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri