Emiten Grup Bakrie (VKTR) Raih Sewa Pembiayaan Rp 88,37 Miliar dari Mitsubishi



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk (VKTR) melalui entitas anaknya, PT Sarana Ekomobilitas Indonesia (SEI) telah menandatangani perjanjian sewa pembiayaan dengan PT Mitsubishi HC Capital and Finance Indonesia (MHCI). Perjanjian ini diteken pada 14 Oktober 2024.

Vice President of Corporate Secretary and Corporate Legal VKTR Indah Permatasari Saugi menjelaskan SEI bertindak sebagai penerima sewa pembiayaan, sedangkan MHCI sebagai pemberi sewa pembiayaan. Nilai pembiayaan sebesar Rp 88,37 miliar, dengan jumlah bunga sebesar tarif 12,35% per tahun.

Jangka waktu pembiayaan ini berlangsung selama 36 bulan. Tujuan dari transaksi adalah pemberian pembiayaan investasi dengan cara sewa pembiayaan untuk barang beserta jasa yang diperlukan, jika ada. Yakni untuk aktivitas usaha/ investasi/rehabilitas / modernisasi/ ekspansi SEI selaku penerima sewa pembiayaan.


Baca Juga: Jurus Emiten Grup Bakrie BNBR Mengurangi Beban Utang Lewat Utak-Atik Saham VKTR

PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) selaku entitas induk VKTR tertanggal 14 Oktober 2024 memberikan jaminan perusahaan (corporate guarantee). Indah bilang, penerimaan sewa pembiayaan dari MHCI memberikan dukungan finansial bagi VKTR melalui SEI sebagai entitas anak, untuk meningkatkan efisiensi operasional dan mendukung pertumbuhan VKTR.

"Pembiayaan ini akan memperkuat posisi keuangan Perseroan tanpa memberikan dampak signifikan pada kegiatan operasional, aspek hukum, atau kelangsungan usaha, sehingga memungkinkan Perseroan untuk terus berkembang dengan lebih baik," kata Indah dalam keterbukaan informasi, Rabu (16/10).

Seperti diketahui, VKTR merupakan emiten dari Grup Bakrie yang bergerak di bidang perdagangan besar mobil dan sepeda motor berupa kendaraan bermotor listrik berbasis baterai, komponen suku cadang, aksesori mobil dan industri karoseri kendaraan bermotor roda empat atau lebih. 

Baca Juga: Menilik Prospek Saham Grup Bakrie di Tengah Sentimen Emiten & Presiden Prabowo

Dari sisi pergerakan saham, hingga pukul 09:21 WIB perdagangan Kamis (17/10), VKTR melemah 0,65% ke posisi Rp 154 per saham. 

Secara year to date, harga saham VKTR masih mengakumulasi penguatan dengan level kenaikan 27,27%. 

Selanjutnya: Jin BTS Umumkan Album Solo Berjudul Happy, Ini Jadwal Rilis dan Daftar Lagunya

Menarik Dibaca: IHSG Bergerak ke Zona Hijau, Menguat 0,24% Pada Pembukaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi