KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi corona yang belum kunjung surut membuat emiten yang bergerak di sektor ritel mencari cara untuk bertahan. Salah satunya dengan memperkuat penjualan secara daring (online). Dalam keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (14/7), Miranti Hadisusilo Corporate Secretary and Legal Director PT Matahari Departement Store Tbk (LPPF) mengatakan, salah satu cara untuk bertahan di tengah pandemi Covid-19 adalah dengan meluncurkan Matahari Official Shop yang merupakan kolaborasi eksklusif dengan salah satu perusahaan e-commerce yang memiliki jangkauan pelanggan di seluruh Indonesia. Selain itu, konstituen Indeks Kompas100 ini juga meningkatkan sumber daya untuk melayani permintaan di laman Matahari.com yang meningkat.
Baca Juga: Ini strategi MAP Boga Adiperkasa (MAPB) jaga bisnis di 2020 Hal serupa juga dilakukan oleh pesaing LPPF, yakni PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS). Mengutip keterbukaan informasi di laman BEI, untuk mempertahankan kelangsungan usaha di tengah pandemi, RALS mendorong penjualan secara online melalui website, aplikasi pesan singkat Whatsapp, dan partner e-commerce terbesar di Indonesia. RALS juga berfokus pada penjualan supermarket yang melayani kebutuhan sehari-hari masyarakat Corporate Secretary PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) Helen Tanzil juga mengatakan salah satu strategi yang digunakan ACES untuk mempertahankan kinerja adalah menggenjot penjualan secara daring (online) melalui ACE online atau di Ruparupa.com. “ACES juga memberikan promo gratis ongkos kirim untuk pelanggan yang belanja melalui ACE Online,” ujar Helen kepada Kontan.co.id, Selasa (14/7).