KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Para emiten telekomunikasi makan mendapat berkah dari lonjakan trafik pada periode Idul Fitri 2024. Sejalan dengan itu, para perusahaan juga tengah melakukan persiapan. PT Telkom Indonesia Tbk (
TLKM), misalnya, lewat anak usahanya PT Telekomunikasi Selular alias Telkomsel memproyeksikan akan ada lonjakan trafik data sekitar 13% pada libur lebaran nanti. VP Corporate Communication Telkom Indonesia Andri Herawan Sasoko menyampaikan secara historis setiap Idulfitri akan lonjakan trafik rata-rata 6% hingga 10%.
"Telkom telah mengantisipasi hal ini dengan menyiapkan kapasitas dan meningkatkan trafik menjadi 28 terra bps," kata Andri, Senin (25/2).
Baca Juga: Trafik Telekomunikasi Diprediksi Naik 20% Saat Lebaran 2024 VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel Saki H. Bramono menimpali pihaknya dapat mengelola ketat pada rute-rute mudik dengan lonjakan trafik yang tinggi. "Kami memproyeksikan terdapat peningkatan sekitar 13% untuk data saat libur lebara. Kami akan mengelola rute-rute mudik dari area Jawa dan Sumatra dengan trafik yang banyak," ucap Saki. Lonjakan trafik juga bakal terasa pada PT XL Axiata Tbk (
EXCL). Emiten berlogo warna biru ini memprediksi trafik data akan meningkatkan di kisaran 10%–20% pada periode libur lebaran nanti. Okrisimon, Head Service Operation Management Regional Jabodetabek XL Axiata menjelaskan memasuki bulan ramadan, EXCL telah melakukan peningkatkan BTS yang ada. "Kami juga memasang Mobile BTS di beberapa titik. Mulai dari rest area, tempat transportasi publik hingga tempat-tempat ramai lainnya seperti mall," kata dia saat ditemui Kontan belum lama ini. Manajemen EXCL akan mengoptimalkan layanan 172 hot spot atau tempat-tempat keramaian yang berpotensi terjadi lonjakan data. Okrisimon bilang mayoritas MBTS itu sudah terpasang. "Lonjakan trafik kami prediksi di sekitar 10%–20%. Untuk daerah yang mengalami lonjakan paling tinggi sebelumnya ada di Jawa Tengah, Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur," tuturnya. Research Associate Sector Telco Analyst CGS International Rut Yesika mengatakan momen ramadan dan idul fitri menjadi salah satu sentimen yang baik dalam peningkatan konsumen internet.
Baca Juga: XL Axiata (EXCL) Ungkap Trafik Permintaan Paket Internet Gim Terus Meningkat Rut bilang jika dicermati bulan suci ramadan yang berlangsung pada pertengahan Maret hingga April akan menjadi sentimen yang positif, bagi akhir kuartal pertama maupun kuartal kedua. "Kalau dilihat dari rata-rata ARPU dan data trafik di kuartal kedua cenderung lebih tinggi dibanding dengan kuartal lainnya dengan rata-rata 25,6% dalam lima tahun terakhir," katanya dalam paparannya. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Herlina Kartika Dewi